Prodi Biologi FKIP Umuslim Melaksanakan Pembersihan Lingkungan Pantai Wisata Jangka

Jangka, Beritaterbit.com – Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Matangglumpangdua Bireuen, Aceh Minggu 2 Oktober 2022 melaksanakan kegiatan Pengabdian masyarakat di Pantai Wisata Jangka berupa aksi pembersihan lingkungan pantai yang asri dan menyenangkan.

Kegiatan Pengadian masyarakat tersebut dipimpin langsung Ketua Program Studi Dr M Danil S.Pd, M.Pd bersama dosen Biologi Afkar S Pd , M.Pd, Zainatul Hasanah, S.Pd, M.Pd, Rahmawati S.Pd, M.Pd, Tutiliana M.Pd dan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (Himabio) Siti Nadia Afwadi Dengan mengambil tema Aksi Pembersihan lingkungan yang berkelanjutan (Ciastal Clean Up) berupa pengambilan sampah sampah dipantai wisata jangka bertujuan menumbuhkan rasa peduli bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar khususnya terhadap sampah organik dan non organik yang mencemari pantai kawasan wisata laut jangka.

Pada aksi itu sekaligus memperkenalkan mahasiswa baru Prodi Pendidikan Biologi yang dikemas memberi santunan kepada 30 anak yatim dari desa Jangka Masjid dan Jangka Keutapang yang dikoordinir Kepala Desa Jangka Masjid Tgk Jauhari.

Pada pertemuan tersebut Ketua Prodi Biologi Dr M Danil S.Pd, M.Pd dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan yang mereka laksanakan agar memiliki kepedulian kita bersama akan arti kebersihan yang ramah lingkungan dimanapun, kapanpun dan siapapun.

Kalau dipantai wisata laut jangka yang ribuan orang datang setiap saat dikunjungi para wisatawan lokal dari berbagai daerah maka perlu ada himbauan berupa maklumat atau Benner yang terpasang dibeberapa tempat yang mudah terbaca seperti Hati yang gembira adalah ketika lingkungan kita bersih.

Kemudian ada lagi Jagalah kebersihan laut kita untuk masa depan anak cucu. Juga perlu tersedia cukup bak sampah, kamar mandi dan wc agar para pengunjung menyenangkan betah berlibur akhir pekan disini.

Dr M Danil M.Pd menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan dalam nenumbuhkan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang digalakkan oleh Kementrian Dikbud Ristek Dikti yang perlu diisi dengan berbagai aktifitas dalam memperkenalkan Tridarma Perguruan Tinggi.

Kepala Desa Jangka Masjid berterima kasih kepada Ketua Prodi dan dosen biologi yang peduli kepada anak anak yatim, juga memasang beberapa maklumat tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih. Dan baru kali ini ada himbauan seperti itu dari Prodi Biologi FKIP Umuslim. Dan berharap akan datang nemberi khabar lain kepada kami sehingga lebih baik dalam menata lingkungan wisata.

Selanjutnya acara Peusijuk atau tepung tawar mahasiswa baru oleh Kasubbag Pengajaran FKIP Dr Iskandar MA. Juga dilanjutkan acara gembira mahasiswa dengan melaksanakan berbagai aksi permainan yang mengundang tawa bersama. (Faiz)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.