Pjs DPW IKM Provinsi Bengkulu Gelar Silaturahmi Dengan 9 Jurai

Bengkulu, beritaterbit.com – Penjabat Sementara Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minang (Pjs DPW IKM) Provinsi Bengkulu, Syahrial Nova akan menggelar pertemuan dan silaturahmi dengan 9 (Sembilan) jurai besar perantau minang yang ada di Kota Bengkulu.

Ke 9 jurai besar tersebut yakni Ikatan Keluarga Tanah Datar Padang Panjang (IKTD-PP), Gerakan Eksistensi Masyarakat Ulayat Jam Gadang, Bumi Salingka Agam (Gemuja BSA), Ikatan Keluarga Padang (IKPD), Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP), Persatuan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS), Ikatan Keluarga Solok (IKS), Ikatan Keluarga Sawah Lunto, Sijunjung dan Damasraya (IKSSD), Gonjong Limo dan Ikatan Keluarga Pasaman (IKP).

“Dengan ditunjuknya saya sebagai Pjs ketua DPW IKM maka perlu adanya masukan-masukan dari niniak mamak, alim ulama dan cadiak pandai perwakilan dari 9 jurai yang ada di Kota Bengkulu,” katanya Syahrial Nova atau yang akrab disapa Nova Bawang ketika di temui, Selasa (18/6/2024).

Ia menambahkan pertemuan ini murni silaturahmi dan tidak ada embel-embel politik atau lain sebagainya, hanya memperkenalkan diri kepada seluruh jurai yang ada di Kota Bengkulu bahwa saat ini dirinya ditunjuk sebagai Pj Ketua DPW IKM.

Mengenai apapun masukan dari ketua jurai nantinya akan kita tampung dan menjadi pembahasan pada rapat pertemuan lanjutan nantinya.

“Dalam silaturahmi nanti kita akan berdiskusi dengan seluruh ketua jurai tentang berbagai hal terkait penunjukan dirinya sebagai Pj IKM,” ujarnya.

Ia menambahkan jika dalam pertemuan nanti ketua jurai meminta agar segera dilaksanakan Muswil maka akan kita turuti namun perlu adanya tahapan-tahapan yang harus dilalui seperti mengundang seluruh ketua DPD IKM 10 Kabupaten/kota untuk mengadakan Muswil.

“IKM merupakan wadah pemersatu masyarakat minang yang ada di perantauan sedangkan yang punya massa atau anggota adalah jurai dan yang memiliki hak suara adalah DPD IKM Kabupaten/kota,” jelasnya.

Nova menambahkan dengan diskusi dan pertemuan ini diharapkan memperoleh hasil yang positif sesuai dengan harapkan kita bersama sehingga tidak ada lagi perpecahan dan nada nana miring dan mari bersatu sampai terpilihnya ketua DPW IKM definitif yang baru.

Penunjukan Syahrial Nova menjadi Pjs Ketua DPW IKM Provinsi Bengkulu berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 045/SK-DPP IKM/Jkt/V/2024 dan menetapkan Efri Yandi Luthan sebagai Pjs Ketua DPD IKM Kota Bengkulu berdasarkan SK Nomor: 046/SK-DPP IKM/Jkt/V/2024 yang ditandatangani oleh ketua harian DPP IKM H. Andre Rosiade SE dan sekretaris jenderal DPP IKM, Ir Nefri Hendri MT.

Penunjukan Syahrial Nova bertujuan untuk mengisi kekosongan kepengurusan DPW IKM Provinsi Bengkulu karena masa berlaku jabatannya sudah habis terhitung 11 Januari 2024, sehingga DPP merasa perlu untuk menunjuk Penjabat Sementara Ketua dan Sekretaris.

Selain itu kepengurusan DPW IKM Provinsi Bengkulu berdasarkan SK nomor 03/ SK DPP IKM/ Jkt/I/2019 tanggal 11 Januari 2019 dan telah dirobah menjadi SK perobahan nomor 062/SK DPP IKM/Jkt/VI/2022 tanggal 30 Juni 2022 telah berakhir dan dinyatakan tidak berlaku lagi sehingga untuk keberlanjutan organisasi dibutuhkan Penjabat Sementara (Pjs) yang mekanismenya sudah sesuai dengan AD/ART organisasi IKM dengan tugas utama mengantarkan pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) serta mentranskripsikan aturan organisasi dan pemilihan ketua DPW yang baru.

Penulis: Rie

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.