Pimpin Apel Besar Bhabinkamtibmas, Kapolres Tulungagung: Maksimalkan Pelaporan Digital Melalui BOS V2

TULUNGAGUNG, beritaterbit.com – Dalam rangka pengecekan Kelengkapan dan Kondisi barang inventaris yang diberikan kepada Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Tulungagung, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, SIK, MH, memimpin langsung Apel Besar Bhabinkamtibmas.

Apel besar yang digelar di halaman GOR Lembupeteng, Kamis (18/08/2022) pagi dihadiri Wakapolres Tulungagung, para Pejabat Utama Polres Tulungagung, Kapolsek jajaran, para Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Tulungagung.

Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan Undang Undang No 2 tahun 2002 pasal 13 Polri sebagai institusi yang mengemban tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban di masyarakat, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum kepada masyarakat yang melanggar hukum. Tantangan tugas yang diemban Polri dari waktu ke waktu semakin kompleks dan dinamis.

“Tantangan tugas ini tentunya memerlukan jawaban berupa peningkatan kinerja disemua bidang tugas Polri serta adanya terobosan kreatif yang mampu menyempurnakan pelayanan Polri kepada masyarakat,” ucapnya.

“Seperti fluktuasi dinamika kejadian kejadian di masyarakat tentunya menuntut semua personil Polri, tidak hanya Bhabinkamtibmas saja, untuk lebih mampu menerapkan cara bertindak, meningkatkan semangat dalam melakukan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat yang muaranya satu yaitu menjaga Harkamtibmas,” sambung Kapolres.

Kapolres menambahkan, pandemi covid saat ini juga mengalami peningkatan meskipun fluktuasinya naik turun. Selain melakukan kegiatan preventif dengan mengingatkan protokol kesehatan kepada masyarakat, Polri juga ditugaskan terkait penyebaran PMK hewan ternak, dan ini tentunya membutuhkan kerja keras, dan dukungan dari semua personil yang ada karena fungsinya sangat vital di masyarakat.

“Untuk itu saya minta tolong kepada seluruh Bhabinkamtibmas dan anggota jajaran Polres Tulungagung yang kita cintai ini harus meningkatkan performanya, pengabdiannya pada masyarakat karena teman teman ini adalah garda terdepan, tangan tangan saya yang ada dilapangan untuk mensukseskan semua program Pemerintah,” terang AKBP Eko Hartanto.

Kapolres juga bangga dan berharap kepada seluruh Bhabinkamtibmas (BKTM) karena dengan jumlah personil sebanyak 271 sudah menyebar di seluruh Kelurahan dan Desa yang ada di wilayah Kabupaten Tulungagung yang mana menurut Kapolres itu sudah ideal.

“Teman-temanlah yang turun langsung ke lapangan yakni ke desa maupun kelurahan binaan dan saya minta tolong lebih rajin lagi melakukan penggalangan kepada tokoh tokoh agama, masyarakat, pemuda, stakeholder yang ada,” tambahnya.

Kapolres menandaskan, beberapa program juga telah diluncurkan oleh pimpinan Polri dalam rangka meningkatkan kemampuan, memberikan pengetahuan, ketrampilan dan profesionalisme kepada personel BKTM dalam mengemban tugas guna memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Metode dan sistem pelaporan BKTM saat ini tentunya sudah berbasis IT sehingga memerlukan kecepatan serta penguasaan berbagai aplikasi penunjang dan semua harus dikuasai oleh anggota Bhabinkamtibmas.

“Jadi secara global dan internasional yang namanya perkembangan teknologi informasi semakin maju secara pesat, untuk itu kita mau atau tidak mau harus juga mengikutinya. Dan saya minta penggunaan aplikasi aplikasi yang telah dibuat seperti Binmas Online System (BOS V2) lebih dioptimalkan lagi,” tandasnya.

Berkenaan dengan itu guna menunjang kinerja dan pelaporan Bhabinkamtibmas, Kapolres menyampaikan bahwa pimpinan Polri telah memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana seperti diantaranya ranmor dinas agar dirawat sebaik mungkin.

“Rawatlah dengan sebaik-baiknya sarana dan prasarana barang yang telah diberikan semua guna mendukung kelancaran tugas dilapangan seperti milik kita sendiri meskipun hanya sebatas hak memakainya saja,” imbuhnya.

Untuk itu Kapolres juga meminta kepada Kapolsek-Kapolsek untuk selalu mengajak BKTM dalam melakukan penggalangan-penggalangan komunikasi dilapangan atau masyarakat.

“Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak dilapangan harus tahu persis situasi desa maupun kelurahan binaannya setiap harinya meskipun diluar jam dinas, lakukan komunikasi secara baik di masyarakat,” lanjutnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres juga menekankan kepada seluruh BKTM untuk meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga keselamatan dan kesehatan khususnya dalam masa pandemi covid-19.

“Selain itu, tingkatkan dedikasi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas serta hindari pelanggaran hukum maupun pelanggaran disiplin khususnya penyalahgunaan narkoba, tingkatkan soliditas dengan sesama rekan kerja maupun instansi terkait dan yang terakhir laksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat secara ikhlas,” tutupnya. (Ags)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.