Petani Kecamatan Kuala Usai Panen Padi, Tanam Semangka

Bireuen, beritaterbit.com – Mayoritas para petani di kawasan Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh seusai panen padi, langsung mengolah lahan sawah mereka dengan menanam timun Semangka.

Tgk Muslem petani asal Desa Cot Batee, Kecamat Kuala kepada media inline Beritaterbit, Minggu 30 April 2023 menyebut, petani Cot Batee, Cot Uno, Cot Geurundong, Cot Laga Sawa, Lhok Awe dan sekitarnya di Kecamatan Kuala setiap selesai panen padi menanam timun semangka sebagai tanaman sela.

Ditambahkan Muslem, para petani rutin menanam semangka merah dan kuning sebagai Peningkatan Pemberdayaan Pendapatan (PPP) dan mereka tetap eksis. Kemudian ketika masa panen timun semangka datang pembeli dengan truk dibawa ke Banda Aceh, Langsa, Takengon, Sigli dan kota lain. Setiap butir semangka mencapai berat 4 sampai 7 kg dengan harga Rp 4000/kg.

Sementara nada yang sama dalam lokasi terpisah, Teungku Adnan Retbaroh menjelaskan bahwa penanaman tanaman timun semangka bukan saja ditanam di areal persawahan Cotbatee tetapi di sejumlah desa dalam Kecamatan Kuala Bireuen.

Disebutkan bahwa umumnya petani Desa Cotbatee, Krung Juli, Cotlagasawa, Cot Unoe dan termasuk Cot Kuta dan Cot Paru mayoritas menanam semangka seusai panen padi.

Menurut Teungku Adnan petani di Kecamatan Kuala, rutinitas menanam semangka karena mereka dengan hasil tanaman timun tersebut mampu menyekolahkan anaknya hingga sarjana.

Petani kawasan Kecamatan Kuala sangat berterima kasih kepada Pemkab Bireuen telah memberi kesempatan mengolah tanah untuk menanam timun semangka.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.