Pertemuan Ilmiah Nasional Ilmu Kesehatan Gigi Anak 16 Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia

Solo, Beritaterbit.com – 9-11 Maret 2023
Kedokteran gigi anak merupakan bidang kedokteran gigi yang bertujuan mencegah dan merawat penyakit pada gigi dan mulut secara komprehensif, baik pada anak yang normal maupun anak dengan berkebutuhan khusus. Spesialis kedokteran gigi anak masih belum banyak jumlahnya di Indonesia.

Para dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak di Indonesia bergabung dalam satu organisasi profesi yaitu Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI). Ikatan Keahlian ini didirikan di Indonesia sejak tanggal 26 September 1979 dengan nama Ikatan Peminat Pedodonsia Indonesia (IPPEDI) dan pada 25 Februari 1986 diadakan musyawarah nasional IPPEDI pertama kali di Jakarta, dan berubah nama menjadi Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI).

Setiap tahunnya, IDGAI mengadakan Pertemuan Ilmiah Nasional Ilmu Kesehatan Gigi Anak (PIN IKGA) berbagai kota di Indonesia. Pada tahun ini, IDGAI Pengurus Daerah-Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Tengah mendapat kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan PIN IKGA 16 IDGAI.

PIN luring yang pertama, setelah masa pandemi yang mengharuskan semua kegiatan menjadi daring. PIN IKGA 16 IDGAI dimulai dari rangkaian kegiatan Continuing Professional Development (CPD), Pengabdian Masyarakat (PengMas), Seminar Ilmiah, dan Hands-On.

Selain kegiatan ilmiah, juga diselenggarakan kegiatan untuk mempererat rasa kekeluargaan antar dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak yaitu Gathering Night yang mengangkat tema Retro PedOlimpic. PIN IKGA 16 IDGAI tahun ini juga terasa lebih istimewa karena juga ada Pelantikan Pengurus Pusat IDGAI Periode 2022-2027.

PIN IKGA 16 IDGAI mengangkat tema “The Importance of Oral Health in Child’s Growth and Development”. Tema ini dipilih mengingat bahwa masalah tumbuh kembang anak di Indonesia masih menjadi masalah prioritas dan kesehatan gigi mulut punya peran besar dalam tumbuh kembang anak.

Tetapi di masyarakat sendiri, kesehatan gigi mulut pada anak seringkali diabaikan dengan anggapan gigi susu yang rusak tidak perlu diperbaiki karena toh akan tergantikan oleh gigi dewasa. Oleh karena itu dianggap perlu menggaungkan kembali bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah faktor penting tumbuh kembang anak.

PIN IKGA 16 IDGAI diketuai oleh drg. Irfan M. Djaafar Sp.KGA dan Ketua Pengurus Pusat IDGAI sebagai penasehat yaitu drg. Iwan Ahmad Musnawirman Sp. KGA, K-KKA. Hampir seluruh dokter gigi spesialis di DIY dan Jateng ikut terlibat aktif sebagai panitia.

Penulis: Gunadi Pramono

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.