Pertambangan Galian C Kembali Beraktivitas, Warga Dusun Dukuh Bersama PSPLM Pasang Banner dan Patok Bambu

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Puluhan warga Dusun Dukuh kembali mendatangi lokasi pertambangan Galian C yang masuk wilayah Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, Rabu (1/2/2023).

Kedatangan warga yang didampingi Paguyuban Srikandi Peduli Lingkungan Majapahit (PSPLM) tersebut guna memasang banner dan memasang patok dari bambu di area pertambangan karena adanya aktivitas Galian C.

Menurut Suwarti Ketua PSPLM, pemasangan patok ini terpaksa dilakukan, karena patok bambu yang dipasang pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2023 lalu ada yang mencabut. Namun siapa pelakunya, tidak ada yang tau.

“Selang beberapa hari, warga sekitar lokasi pertambangan Galian C, ada yang mengetahui ada alat berat (Bekho/Ekskavator) masuk ke lokasi Galian C dan beraktivitas,” tandas Suwarti.

Dikatakan Ketua PSPLM, dengan kembalinya aktivitas pertambangan Galian C, tentunya warga Dusun Dukuh menjadi resah. Padahal saat pemasangan banner dan patok bambu, disaksikan oleh Kepala Desa (Kades) Jatidukuh dan pihak keamanan dari Kepolisian dan TNI.

“Kami PSLM meminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) agar secepatnya menindaklanjuti keluhan warga Dusun Dukuh,” tegas Ketua PSPLM.

Lebih lanjut dikatakan Suwarti, tadi saat kegiatan pemasangan banner dan patok bambu, ada anggota dari Anggota Kepolisian yang terperosok di bekas pertambangan Galian C yang penuh lumpur.

“Ini menunjukkan bukti bahwa, berapa bahayanya bekas pertambangan Galian C, meskipun kelihatannya dangkal kenyataannya bisa membuat orang terperosok,” pungkas Suwarti.

Perlu diketahui, sebelum melakukan aksi pemasangan banner dan patok bambu kali ke dua. PSPLM juga mengirim surat ke beberapa instansi diantaranya ke Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, dengan tembusan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kesbangpol dan Satpol PP Kabupaten Mojokerto.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.