Peringati HBP Ke-59, Lapas Watampone Gelar Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah

Bone, beritaterbit.com – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Lembaga Pemasyarakatan Watampone mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan pemasyarakatan yang proaktif.

Kegiatan diikuti segenap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) termasuk WBP Wanita yang saat ini menjalani Pembinaan di dalam Lapas Kelas IIA Watampone, Jumat (17/3/2023).

Kegiatan yang dikemas seminar kesehatan menghadirkan Narasumber Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, drg. Yusuf Tolo M.Kes.

Yusuf Tolo mengemukakan pentingnya menjaga kesehatan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Beragam cara yang dapat dilakukan sebagai wujud penerapan PHBS salah satunya dengan personal hygiene berupa mandi dua kali sehari,” katanya.

“Selain itu jangan menggunakan/bertukar barang pribadi seperti perlengkapan mandi dan juga pakaian, hal ini dapat memperbesar kemungkinan terjadinya penularan penyakit seperti Hepatitis C,” jelas drg. Yusuf.

Yusuf juga menghimbau kepada peserta kegiatan ini untuk selalu mawas diri dan melakukan deteksi dini penyakit yang artinya Sadari (periksa diri sendiri).

“Terkhusus kepada para wanita untuk mendeteksi penyakit kanker payudara, tak hanya itu pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (VAA) yang berguna untuk mendeteksi kanker leher rahim,” ujarnya.

“Hal-hal ini dapat dilakukan yang bertujuan guna
mendeteksi penyakit sedini mungkin. Selain kegiatan seminar kesehatan bagi WBP, Petugas pemasyarakatan Lapas Watampone juga turut dalam kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Bone,” tandas drg. Yusuf.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.