Pentingnya Pendeteksian Dini Sebuah Penyakit Tidak Menular Pada Masyarakat

Tulungagung, beritaterbit.com – Bertempat di Balai Desa Gesikan Pakel, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung bersama UPT Puskesmas Bangun Jaya Kecamatan Pakel, melakukan pendeteksian dini penyakit tidak menular pada masyarakat Desa Gesikan Pakel Tulungagung, Selasa (30/05/23).

Dalam kegiatan pendeteksian penyakit tidak menular ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Bidang Analisa Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) serta Kepala UPT Puskesmas Pakel beserta anggotanya. Dan 250 orang masyarakat Desa Gesikan yang menerima undangan.

Kepala UPT Puskesmas Pakel dr. Diah menuturkan, pentingnya deteksi dini dari sebuah penyakit, mengapa? karena jika suatu penyakit yang terdeteksi sejak awal akan memudahkan kita sebagai dokter dalam menangani atau mengobati penyakit tersebut.

“Dengan kegiatan ini saya berharap masyarakat lebih pro aktif dalam mewujudkan masyarakat sehat, dengan sering memeriksakan diri apabila terasa ada gangguan kesehatan pada dirinya,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung melalui staf Siti Kotimah menjelaskan, kegiatan ini mendeteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM). Diantara enam kabupaten kota di Jawa Timur, Tulungagung terpilih dan mendapatkan target 500 sasaran. Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan hipertensi, diabetes melitus, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis) dan struk, tes tajam penglihatan, obesitas dan kesehatan mental. “Tujuan dari kegiatan ini supaya masyarakat lebih sadar akan pentingnya kesehatan,” bebernya.

Dinas Kesehatan Tulungagung berharap masyarakat lebih mengerti deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular ini. “Apabila ditemukan resiko dapat segera dicegah. Dan kalau ditemukan sakit segera diobati,” tambahnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Gesikan, Nur hadi mengucapkan berterima kasih pada Dinas Kesehatan tulungagung yang mana masyarakatnya dilibatkan dalam acara ini. “Otomatis masyarakat Desa Gessikan senang dan merasa terbantu dengan kegiatan ini,” ungkapnya.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.