Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Jateng, Hijaukan Bumi Birukan Langit

Surakarta, Beritaterbit.com – Menjadi hari yang bersejarah bagi para Rimbawan, 16 Maret 1983 adalah hari berdirinya Departemen Kehutanan Republik Indonesia dan pada 16 Maret 2023 ini menjadi peringatan ke-40 tahun. Pada usia 40 tahun, Departemen Kehutanan yang pada kepemimpinan Presiden Joko Wododo berubah menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah berperan pada berbagai program pengembangan kehutanan.

Pada peringatan ke 40 tahun ini tema yang diusung adalah ”Hijaukan Bumi, Birukan Langit”. Tema ini diambil untuk memberikan arah pandang bagi seluruh rimbawan agar senantiasa aktif berperan dalam upaya-upaya menjaga lingkungan tetap hijau. Lingkungan yang terjaga diharapkan memiliki peranan dalam penyediaan udara yang sejuk dan sehat, sehingga kualitas hidup masyarakat meningkat.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada saat ini memiliki mandat untuk berkontribusi pada penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) global sebesar 31,89 % dengan kemampuan nasional dan 43,20% dengan dukungan kerjasama luar negeri pada 2030.

Komitmen Indonesia ini dituangkan dalam dokumen Rencana Operasional Folu Net-Sink 2030 melalui 3 strategi yaitu menghentikan deforestasi dan memelihara kelestarian hutan; memulihkan lahan terdegradasi dan memperluas agroforestri; serta pemanfaatan hutan secara berkelanjutan dan membangun rantai nilai hijau. Disinilah peran rimbawan menjadi begitu penting untuk memastikan program-program yang dirancang pemerintah mencapai sasaran dan memenuhi target yang telah ditentukan.

IKATAN PENGENDALI EKOSISTEM HUTAN INDONESIA (IPEHINDO) sebagai organisasi yang mewadahi rimbawan-rimbawan yang memiliki jabatan fungsional Pengendali Ekosistem Hutan berkomitmen mengawal dan siap setiap saat menyukseskan program-program KLHK.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IPEHINDO Jateng khususnya pada Hari Bakti Rimbawan ini mengadakan acara pembagian bibit produktif dan penanaman pohon dengan tujuan sebagai berikut:
Mempererat hubungan personil dan kelembagaan antar para pejabat fungsional PEH se-Jawa Tengah.
Penguatan positioning dan branding pejabat fungsional PEH dalam mendukung organisasi dalam menjalankan program KLHK sesuai dengan tugas dan fungsi. Mengenalkan gerakan cinta pohon dan tumbuhan pada masyarakat umum.

Pelaksanaan kegiatan pembagian bibit produktif dilakukan pada hari Minggu 19 Maret 2023 pada event car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta. Sedangkan kegiatan penanaman dilakukan bersama kelompok tani di Desa Sanggup, Kecamatari Tamansari, Boyolali.

IPEHINDO Jateng akan terus berkomitmen melakukan berbagai kegiatan yang meskipun kecil namun diyakini mampu mendukung upaya KLHK mewujudkan huta n lestari dan pen ingkatan sera pa n karbon dengan melibatkan masyarakat secara luas.

Penulis: Gunadi Pramono

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.