Pemprov Bengkulu Luncurkan Rencana Aksi Daerah TPB SDGs

Berita Terbit, Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu luncurkan Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs) 2016-2021,  bersama stake holder terkait di Bengkulu, Kamis (23/8/2018).

Saat itu juga diberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga lain,  baik swasta maupun organisasi, atas peran mereka dalam menyusun RAD SDGs.

Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, implementasi RAD SDGs diharapkan, mampu menciptakan perencanaan pembangunan yang berkelanjutan. Setidaknya, memperhatikan tiga poin besar yakni ekonomi yang berkeadilan, sosial dan kemanusiaan, serta keberlangsungan sumber daya alam.

“Fokuskan pada tujuan. Kita memahami bahwa masalah kita adalah kemiskinan, maka penyusunan kebijakan harus memperhatikan dampak ekonominya. Ekonomi bertumbuh, tapi mampukah menekan angka kemiskinan, atau justru mempertajam kesenjangan?” kata Rohidin.

Kebijakan pembangunan haruslah memperhatikan sisi sosial dan kemanusiaan. Kemudian jika gagasan kebijakan pembangunan berhubungan dengan sumberdaya alam maupun lingkungan, jelas Rohidin, harus diperhatikan kajian keberlangsungannya.

“Dampak ekonomi bagus. Secara sosial juga tak bermasalah. Tetapi dampak terhadap keberlangsungan resource juga lingkungan tidak seimbang, maka tidak akan menjadi pembangunan yang berkelanjutan”, tegasnya.

Dengan di-launching-nya RAD SDGs tersebut, Rohidin mengimbau perencanaan pembangunan dapat mempedomani dan terkoneksi dengan program SDGs. Sehingga, target tujuan pembangunan dapat tercapai dengan diikuti pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, kehidupan sosial tertata baik, juga sumberdaya serta lingkungan yang terjaga.

Plt Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Noni Yuleisti yang hadir menimpali soal ini mengatakan , RAD SDGs diluncurkan usai terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 36 Tahun 2018 Tentang RAD Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs Provinsi Bengkulu.

Rencana Aksi Nasional TPB SDGs telah diluncurkan awal Juni lalu.  Ada 17 program SDGs yang dicanangkan 2015 hingga 2030, yaitu tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau serta  pekerjaan layak juga pe‎rtumbuhan ekonomi berkualitas.(gmp).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.