Pemko Sawahlunto Gelar Jumpa Pers Terkait Pelaksanaan Iven SISSCa 2020

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com – Perhelatan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) Tahun 2020 telah dimulai Sabtu, 28 November 2020 dan rencananya akan digelar selama 3 hari hingga 30 November 2020. Terkait hal tersebut Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH menggelar jumpa pers bersama rekan wartawan dan media yang ada dikota Sawahlunto. Menurut Keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini, Jumpa Pers tersebut digelar Sabtu, 28 November 2020 kemaren di Gedung Balaikota setempat.

Iven SiSSCa ini merupakan iven rutin tahunan yang diselenggarakan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat sekaligus merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-132 Kota Sawahlunto, tanggal 1 Desember 2020 mendatang (1 Desember 1888-1 Desember 2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan SISSCa 2020 ini tidak melakukan pawai busana berbahan Songket.

“Kegiatan tahun ini walaupun tidak diadakan pawai arak-arakan busana berbahan Songket, tidak akan mengurangi makna dan kemeriahannya,” ujar Walikota Deri Asta.

Lebih jauh Deri Asta memaparkan kegiatan SISSCa 2020 tetap melakukan penampilan hasil kreasi – kreasi desainer lokal dan nasional dalam bentuk Modeling Virtual. Desainer lokal ini berasal dari organisasi sosial, instansi pemerintah, BUMN dan sekolah.

“Modeling Virtual ini kita pusatkan di tiga tempat, yakni Geopark Batu Runcing, Dermaga Camping Ground dan Museum Gudang Ransum. Ini kita lakukan untuk menghindari penumpukan massa disatu tempat,makanya kita bagi lokasi kegiatannya.”

Pelaksanaan event SISSCa 2020 ini tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid – 19, seperti mencuci tangan dengan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak.

Saat ini Songket Silungkang masih dibuat menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dilakukan secara manual, ini memberikan kebebasan bagi pengrajin untuk berkreasi menciptakan motif dan warna sesuai keinginan konsumen. Songket Silungkang sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Negara.

Turut mendampingi Walikota Deri Asta yaitu Wakil Walikota Zohirin Sayutu dan Sekdako dr. Ambun Kadri, MKM. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.