Pemko Sawahlunto Diganjar Penghargaan Predikat Kepatuhan SPP dari Ombudsman RI

Sawahlunto, beritaterbit.com – Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berhasil menyelenggarakan Standar Pelayanan Publik (SPP) dengan baik. Berdasarkan hasil penilaian Ombudsman RI tahun 2022, SPP Pemko Sawahlunto berhasil masuk Kualitas Tinggi atau Zona Hijau.

Atas pencapaian tersebut, Pemko Sawahlunto diganjar penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Omdebusman RI.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat Yefri Heriani kepada Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, di Padang, baru-baru ini.

“Selamat kepada Pemko Sawahlunto, dari penilaian yang dilakukan Ombudsman itu telah berhasil memperoleh nilai 78,64 atau kualitas tinggi. Kami melihat Pemko Sawahlunto memiliki semangat dan kinerja yang bagus, semoga di 2023 ini nilainya bisa ditingkatkan sehingga bisa masuk ke Kualitas Tertinggi,” kata Yefri saat menyerahkan penghay tersebut.

Penilaian kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik itu disebutkan Yefri, merupakan penilaian untuk mengukur tingkat kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Kementerian/Lembaga/Daerah terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Penilaian ini merupakan salah satu upaya pencegahan maladministrasi dengan menilai kondisi Penyelenggaraan Pelayanan Publik secara komprehensif dengan hasil akhirnya berupa Opini Pengawasan Pelayanan Publik,” kata Yefri.

Lebih rinci Yefri menjelaskan,Ombudsman dalam melakukan penilaian didasarkan pada empat dimensi yaitu kompetensi penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana, pemenuhan standar pelayanan publik, serta pengelolaan pengaduan.

Terpisah, Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti menyampaikan terima kasih kepada Omdebusman RI atas penghargaan yang diberikan.

“Pencapaian nilai 78,64 atau Kualitas Tinggi itu mencerminkan Pemko Sawahlunto telah bekerja dengan baik dan benar dalam penyelenggaraan pelayanan publik” ujar Zohirin Sayuti, Jum’at (03/02).

Lebih lanjut, Zohirin katakan Pemko Sawahlunto berkomitmen untuk terus mengawal dan menerapkan pelayanan publik yang semakin baik. Seperti yang sudah tercantum dalam salah satu misi Pemko Sawahlunto yang berbunyi “Menghadirkan Pemerintahan yang Baik, Bersih dan Inovatif” kemudian juga “Tersedianya Infrastruktur Publik yang Merata dan Memadai,” kata Wawako Zohirin.

Kemudian Wawako Zohirin menyampaikan terima kasih kepada Ombudsman atas pengawasan dan penilaian yang dilakukan karena telah membantu Pemko Sawahlunto untuk mengevaluasi kinerja Pelayanan Publik.

“Tentu nilai Kualitas Tinggi ini bisa diperoleh Pemko Sawahlunto sebagai buah dari semangat dan kerja keras dari seluruh jajaran yang tersebar di OPD, instansi maupun Desa dan Kelurahan serta pihak-pihak terkait lain. Oleh sebab itu kita haturkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk pelayanan publik di Sawahlunto ini,” ujar Wawako Zohirin.

Nilai tinggi atau prestasi ini, diingatkan Wawako Zohirin Sayuti agar jangan sampai membuat jajarannya berpuas diri, sebab pelayanan publik bukan pekerjaan yang selesai ketika mendapat nilai bagus saja.

“Pelayanan publik ini amanah, yang akan terus berlangsung. Jadi prestasi sekarang ini menjadi motivasi bagi kita untuk lebih semangat dan lebih baik dalam melayani masyarakat. Kalau ada nilai tinggi atau prestasi itu anggap bonus saja, mau dapat nilai atau tidak amanah pada masyarakat tetap wajib kita laksanakan,” pungkasnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.