Pemkab Malang Upaya Antisipasi Alih Fungsi Lahan Sawah

MALANG, JAWA TIMUR – Upaya mempertahankan lahan sawah sebagai area pertanian dari pengalihan fungsi lahan di Kabupaten Malang terus dilakukan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP).

Hal itu dilakukan setelah semakin banyaknya lahan sawah yang dialih-fungsikan menjadi tempat permukiman dan lainnya sebagai dampak perkembangan pembangunan di Kabupaten Malang.

Kepala DTPHP Kabupaten Malang, M Nasri Abdul Wahid mengatakan, salah satu area pertanian yang patut dipertahankan yakni lahan sawah di desa Jenggolo kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Wilayah desa Jenggolo yang memiliki luas persawahan mencapai 90 hektar selalu terancam oleh pengalih fungsian sebagai tempat permukiman dan usaha.

“Ini yang kami rasa harus disadari semuanya. Karena lahan persawahan di Desa Jenggolo menjadi salah satu penyumbang utama produksi padi di Kabupaten Malang hingga mengalami surplus,” kata Nasri Abdul Wahid, Kamis (1/2).

Dijelaskan Nasri, hingga kini di persawahan desa Jenggolo masih melakukan panen padi sebanyak dua kali dalam setahun. Kondisi panen di persawahan Desa Jenggolo masih bisa tingkatkan panennya menjadi tiga kali dalam setahun dengan adanya irigasi mencukupi dan alsintan yang lengkap.

“Untuk itu, sebaiknya Poktan di Desa Jenggolo bisa mengajukan bantuan pada pemerintah untuk Alsintan, agar bisa melakukan tanam tiga kali dalam setahun,” ujar Nasri.

Sementara Camat Kepanjen, Abai Saleh mengatakan, wilayah Kecamatan Kepanjen merupakan salah satu daerah penyumbang ketahanan pangan di Kabupaten Malang.

Kondisi tersebut memang harus dipertahankan dengan mempertahankan lahan persawahan dari pengalih fungsian menjadi permukiman sebagai dampak perkembangan ibu Kota Kabupaten Malang.

“Jadi rasanya sayang sekali bila Desa Jenggolo dengan areal sawah seluas 90 hektar dengan hasil produksi setiap hektar padi mencapai 8-9 ton dialih-fungsikan. Makanya kami pun akan berupaya mempertahankan lahan sawah untuk mendukung ketahanan pangan dari ancaman pengalih fungsian lahan,” tukas mantan Kabag Pertahanan ini.(GT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.