Peminjam KUR Tertinggi Bengkulu Hanya Tamatan SD, Syarwan: Sarjana Terlalu Takut

Bengkulu, beritaterbit.com – Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu Syarwan, menyampaikan bahwa peminjam atau debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bengkulu tertinggi dilihat dari tingkat pendidikan sebanyak 57.242 orang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD).

DJPb Bengkulu mencatat per 31 Desember 2022 di Provinsi Bengkulu ada sebanyak 71.861 orang memanfaatkan KUR dengan total penyaluran sebesar Rp4,4 triliun. Dengan rincian dari tingkat pendidikan tamatan SD ada 57.242 debitur total nilai penyaluran mencapai Rp2,6 triliun.

Sedangkan tingkat SMU 8.042 debitur dengan penyaluran Rp908 miliar, tingkat sarjana hanya 788 debitur dengan nilai penyaluran Rp152 miliar sementara tingkat SMP 3.383 debitur dengan nilai penyaluran Rp320 miliar dan Diploma 707 debitur dengan total penyaluran nilai Rp88 miliar.

“Kita lihat ini dari tamatan SD yang banyak melakukan peminjaman, sedangkan para sarjanan hanya sedikit tidak sampai seribu orang, mungkin semakin tinggi pendidikan mereka maka semakin banyak ketakutan dan kekhawatiran. Tentu ini menjadi PR kita bersama,” ujar Syarwan saat melakukan press release di balai raya semarak Kota Bengkulu, Selasa (24/1).

Lanjut Syarwan, melihat kondisi tersebut, melihat suatu tantangan bagi pihaknya untuk melakukan dan memberikan pengetahuan kepada para sarjana untuk bisa mulai memanfaatkan KUR dalam memulai sautu usaha sehingga penyaluran KUR di Bengkulu bisa optimal.

“Kita kedepan akan fokus juga nih memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa di perguruan-perguruan tinggi di Bengkulu untuk bisa mulai memanfaatkan KUR,” tutup Syarwan.

Penulis: Rifky

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.