Pemdes Sumber Urip Optimis Untuk Perekonomian Wilayahnya Aman Dalam Bidang Pertanian

Nganjuk, Beritaterbit.com – Sejak diturunkannya oleh pemerintah pusat, dana desa menjadi modal andalan untuk membangun sarana insfrastruktur dan juga Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam pengelolaan dana desa, pemerintah desa dituntut untuk kreatif dan transparan. Pemerintah desa diharapkan bisa memanfaatkan dana desa dengan tepat sehingga kedepannya pembangunan insfrastruktur dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dalam hal ini Pemerintah Desa Sumber urip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk juga terus membangun wilayahnya untuk mewujudkan kesejahteraan warganya dan meningkatkan perekonomian. Salah satu pemanfaatan dana desa tahun 2023 untuk pembangunan jalan usaha tani yang pembangunannya menggunakan rabat beton mengingat mayoritas penduduknya sebagai petani.

Kepala Desa Sumber Urip, Moh Kusnun menjelaskan bahwa pada tahun anggaran 2023 tahap kedua Pemerintah Desa Sumber urip memanfaatkan dana desa sebagian untuk pembangunan jalan usaha tani. Pembangunan jalan usaha tani terbentang sepanjang 150 meter, lebar 3 meter.

Lebih lanjut Kusnun mengatakan, tujuan pembangunan jalan usaha tani tersebut supaya mempermudah masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian. “Suatu contoh ada warga yang ingin jual hasil pertanian atau perkebunan, bila jalan tidak bisa dijangkau dengan alat transportasi roda empat maka akan menghabiskan biaya untuk kuli angkut saja,” paparnya.

Sedangkan pemilihan pembangunan menggunakan bahan rabat beton karena dari segi usia akan bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan bahan lainnya. “Karena dengan jalan yang bagus maka melancarkan perekonomian masyarakat, kalau jalannya kurang bagus maka perekonomian akan tersendat-sendat,” kata kepala desa ramah ini.

Pemerintah Desa Sumber Urip berharap dengan dibangunnya infrastruktur tersebut bisa memperlancar roda perekonomian yang secara otomatis nantinya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, pemerintah desa juga berharap kepada seluruh masyarakat kedepannya terus mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa serta bisa menjaga dan merawat sarana infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah desa,” pungkasnya.

Terkait saluran irigasi buat pertanian, Pemdes Sumber Urip mendapatkan bantuan dari pemerintah tahun 2023 ini guna meneruskan saluran yang sudah ada agar petani bisa memanfaatkan aliran air tersebut dengan baik.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan saluran irigasi tahun 2023 ini, yang mana bisa dipergunakan dan sebagaimana lahan yang ada di wilayah Desa Sumber Urip kurang lebih bisa terairi,” imbuh kades.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.