Pemdes Kubang Tangah Tanam 2.000 Batang Pinang Batara di Tanah Desa

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com – Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan Pemerintah Desa Kubang (Pemdes) Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto salah satunya melalui jalur Pertanian. Setelah beberapa waktu lalu Pemdes Kubang Tangah juga menggalakkan penanaman komoditi Bawang Merah, kali ini Pinang Bintara yang menjadi komoditi yang akan diusahakan Pemdes Kubang Tangah.

Berasamaan dengan momen Peringatan HUT Kota Sawahlunto ke-(SUMBAR), Pemdes Kubang Tangah melakukan penanaman Pinang Batara di tanah Desa di Dusun Polak Datar. Sebanyak 2000 Batang Pinang Batara ditanan bersama-sama oleh masyarakat, Perangkat Desa, Karang Taruna BPD, KAN, PKK, Bhabinlkamtibmas, Babinsa, PKK serta Kader Kubang Tangah. Pinang dengan masa panen paling lama empat tahun ini dinilai memiliki nilai jual yang cukup bagus. Oleh Pemuda Desa Kubang Tangah tanaman Pinang Barata ini juga diselingi dengan tanaman jahe.

Acara yang dilaksanakan selesai Makan Bajamba ini digelar Selasa, 01 Desember 2020’’ Diharapkan nantinya pinang ini bisa menghasilkan dan merupakan salah satu pendapatan asli desa, sehingga tanah desa bisa bermanfaat untuk kemakmuran masyarakat desa’’jelas Rice Ricardo.

‘’Di tanah desa juga akan ditanam jahe oleh pemuda diantara tanaman pinang-pinang tersebut, dengan harapan selain pemasukan dan bisa menggugatkan persatuan pemuda juga sekalian perawatan pinang oleh pemuda yang bertanam jahe’’ tambahnya.

‘’Ini juga seiring program Pemerintah juga Pemko yang pernah disampaikan Pak Walikota yaitu tahun 2021mendatang Program Pemerintah akan difokuskan pada perbaikan ekonomi juga untuk menggiatkan ekonomi kerakyatan dalam masa-masa pandemi ‘’tambah Hendri selalu Kasi Kesra Desa Kubang Tangah. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.