Pemdes Desa Sungai Gerong Gelar Pemutakhiran Data IDM Tahun 2024

Lebong, Beritaterbit.com – Senin (27/05/24) bertempat di balai desa, Pemerintah Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen menggelar kegiatan Pemutakhiran Data IDM, mengacu Peraturan Menteri Desa (PDTT) Nomor 02 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Salah satunya mengatur tentang Pendataan Desa serta mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK/.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa yang mana menjadi salah satu pedoman dalam pengalokasian Dana Desa (DD).

Pjs Kepala Desa Sungai Gerong, Edi Nuridman menjelaskan, kegiatan hari ini yaitu pemutakhiran data IDM dalam hal tersebut, mengacu atas Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 02 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun dan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa.

“Tiada lain bertujuan untuk meningkatkan status desa itu sendiri karena IDM ini akan menentukan status desa dan Alhamdulillah hari ini desa Gerong secara status telah meningkat dari desa berkembang menjadi desa maju,” jelasnya.

Ditambahkannya, Indeks Desa Membangun (IDM) itu sendiri merupakan indeks komposit yang dibentuk dari tiga indeks yaitu:

1. Indeks Ketahanan Sosial
2. Indeks Ketahanan Ekonomi
3. Indeks Ketahanan Ekologi ataupun Lingkungan

Sedangkan nilai IDM yang semakin tinggi menunjukkan kondisi desa yang semakin baik dari segi sosial, ekonomi maupun ekologi.

“Nah, kembali tidak bosan-bosannya saya pribadi selaku Kepala Desa Sungai Gerong mengajak serta menghimbau terkhusus kepada masyarakat Desa Sungai Gerong agar selalu menjaga ketertiban, kekompakan dan mengedepankan azas bergotong-royong dengan harapan terciptanya desa yang tangguh, asri serta bahagia dan sejahtera,” pinta Kades Edi.

Penulis: Halian Sahri

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.