Pemberdayaan Satlinmas Dalam Penguatan Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat

Nganjuk, Beritaterbit.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menghadiri kegiatan pembinaan atau pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di lima kecamatan Berbek, Loceret, Pace, Ngetos serta Kecamatan Sawahan.

Pembinaan Satlinmas ini dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu dan Pilkada tahun 2024. Adapun kegiatan pembinaan tersebut berlangsung di Gedung Pertemuan Berbek, Desa Berbek, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk.

Dalam kegiatan itu, Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi berkesempatan membuka kegiatan tersebut dengan secara simbolis menyematkan tanda, penyerahan topi dan kaos ke anggota pembinaan Satlinmas.

Sementara dalam sambutannya, Marhaen mengatakan bahwa Satlinmas merupakan ujung tombak keamanan di desanya masing-masing, Senin (21/11/2022).

Kang Marhaen melanjutkan, pembinaan dan pembekalan yang diberikan ini bertujuan agar penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat sukses dan berjalan dengan lancar. Sebab, Satlinmas telah dibekali dengan teori kesiapsiagaan untuk menjaga kondusifitas lingkungan masyarakat.

Merujuk UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dan Permendagri disebutkan bahwa Linmas memiliki tugas untuk mengamankan dan menjaga kondusifitas Pemilu.

“Untuk itu, diharapkan agar Satlinmas dapat mengimplementasikan materi yang diberikan saat pembekalan pada Pemilu 2024 nanti,” terang Kang Marhaen.

Nantinya, kata Kang Marhaen, masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) akan ditugaskan anggota Linmas. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar anggota Linmas dapat bersikap netral, tidak mudah marah dan selalu waspada terhadap situasi dan kondisi juga tekankan sikap humanis.

“Diharapkan dengan adanya pembinaan ini, anggota Linmas semakin profesional dan solid dalam mengemban tugas-tugasnya serta memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat,” harap Kang Marhaen.

Perlu diketahui dalam acara ini dihadiri dari Kepala Satpol PP Kabupaten Nganjuk beserta jajaran, Ketua Komisi I DPRD Puji Santoso, forpincam Berbek, Sawahan, Pace, Loceret, Ngetos beserta Kapolsek juga Danramil Berbek, Kepala Desa se-Kecamatan Berbek.

Reporter: Gendro

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.