Pembangunan Wajib Memperhitungkan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – “Sesuai dengan arahan dari Bapak Bupati, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Tanah Datar akan bersikap tegas, yaitu bagaimana pembangunan di Tanah Datar wajib memperhitungkan daya dukung dan daya tampung lingkungannya,” ujar Richi Aprian.

Dilanjutkan Richi, “Sikap tegas ini adalah bentuk upaya Pemerintah dalam menyiapkan masa depan Tanah Datar dengan seluruh keindahan alamnya menjadi warisan bagi anak cucu nantinya, jangan sampai mereka hanya mendengar cerita bahwa Tanah Datar dulunya pernah menjadi daerah asri,”.

Dilansir dari laman Facebook Prokopim Tanah Datar, Jum’at (14/01/2022), terkait program pembangunan tersebut, Pemkab Tanah Datar telah menggelar Sosialisasi Program Setapak #3 yaitu Program yang mendorong Pemerintah dalam upaya membangun tata kelola dan lahan serta implementasi rencana pembangunan yang berwawasan keselamatan lingkungan.

Wabup menyampaikan ucapan terima kasih dan Jemari Sakato yang telah memilih Tanah Datar sebagai daerah Penerapan Peningkatan Instrumen Fiskal untuk perlindungan lingkungan.

“Ini merupakan misi ke 6 Kabupaten Tanah Datar. Urusan lingkungan hidup, Pemkab tetap peduli dan menjadikan prioritas, yakni meningkatkan pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” kata Richi.

Untuk mendukung pembangunan Lingkungan Hidup tersebut Pemkab pun telah mengalokasikan pembiayaan melalui APBD Tanah Datar tahun 2022, lebih kurang sebesar 1% dari Belanja Daerah.

“Atas nama Pemerintah Daerah mengicapkan terima kasih karena Tanah Datar telah terpilih menjadi salah satu daerah Program Setapak.Untuk itu kepada OPD yang hadir diharapkan mengikuti sosialisasi dengan sebaik-baiknya, kemudian kepada Jemari Sakato untuk memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah tentang bagaimana program kerja, penerapan serta output dari kegiatan ini,” tukasnya.

Kegiatan yang digelar Rabu (12/01) ini dihadiri secara virtual oleh Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan Direktur Program Setapak The Asia Fundation. Acara juga dihadiri langsung oleh Sekretaris Baperlitbang Tanah Datar Andryanto Rustam serta utusan OPD di Lingkup Pemkab Tanah Datar. (Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.