Pelantikan PJI Blitar, Dihadiri Langsung Ketum DPP PJI Hartanto Boechori

Kab Blitar, beritaterbit.com – Area Wisata Negeri Dongeng, Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, menjadi tempat bersejarah berdirinya Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Perwakilan Cabang Blitar, Rabu (02/12/2020), dengan dijadikannya lokasi tersebut sebagai tempat pelantikan Ketua Perwakilan Blitar, sebagai sayap berkembangnya organisasi ini di Indonesia.

Hadir langsung dalam acara pelantikan, Ketua Umum DPP PJI, Hartanto Boechori dengan didampingi pengurus, secara resmi melantik dan menyerahkan, tugas dan tanggung PJI Blitar, dipundak Ketua Perwakilan Sutrisno SH dihadapan seluruh calon anggota PJI Blitar. dan disaksikan oleh perwakilan Forkopimda, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, para pemangku jabatan dari dinas terkait.

Dalam sambutan Ketua umum DPP PJI, Hartanto Boechori berpesan, wartawan yang tergabung dalam organisasi PJI dalam menjalankan tugas jurnalistik agar tidak memberitakan informasi yang bohong kepada masyarakat.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebab sebuah informasi yang disampaikan berdasarkan fakta yang ada, maka kepercayaan masyarakat terhadap pers tidak akan pernah luntur dan akan selalu baik.

“Jika ada kabar hoax itu dibuat publik di media sosial itu wajar. Namun wartawan ketika membuat berita, harus tidak boleh bohong atau hoax,” tegasnya

Boechori, kembali mengingatkan, anggota PJI, untuk menjadi wartawan yang profesional dengan sebuah berita kebenaran yang berdasarkan fakta. Serta selalu memegang teguh dan mematuhi Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Narasumber dan warga senang, bila kita beritakan dengan benar. Maka jadilah wartawan yang profesional dalam menyampaikan informasi,” paparnya.

Ditegaskan Boechori bahwa Persatuan Jurnalis Indonesia adalah organisasi wartawan yang telah diakui oleh Dewan Pers (DP), meski belum menjadi konstituen dewan pers

Hal ini dibuktikan dukungan Dewan Pers terhadap kegiatan PJI. Yang mana PJI bekerjasama dengan UPN Yogyakarta menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers juga hadir dalam acara penutupannya.

Pada kesempatan itu, Boechori berharap, dengan hadirnya kepengurusan DPC Blitar, bisa membuat iklim pemberitaan di Blitar lebih bagus lagi dengan menyuguhkan berita yang valid dan aktual

“Dengan adanya PJI di Blitar Raya, DPP PJI berharap, semakin memberi warna dunia jurnalistik khususnya blitar, dengan menyuguhkan berita yang baik dan akurat, untuk masyarakat,” ungkap Buechori ini.

Sementara itu, Ketua DPC PJI Blitar, Sutrisno SH, yang baru dilantik mengucapkan, banyak terima kasih kepada, DPP PJI yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya bersama teman-teman, untuk mengibarkan bendera PJI di Blitar Raya ini.

“Kami (PJI Blitar), siap untuk mengemban tugas yang diberikan. kami yang menjadi anggota PJI di Blitar, akan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dalam bertugas, demi terciptanya pemberitaan yang baik dan berimbang,” pungkas Sutrisno. (San)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.