Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia Surakarta

Surakarta, Beritaterbit.com – Negara Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan seni budaya. Seni Qasidah adalah satu sebagai kesatuan dari kekayaan tersebut, namun seiring dengan perkembangan jaman, pesatnya arus globalisasi dan teknologi, kita sulit membendung budaya-budaya luar masuk dan membaur dengan budaya pribumi. Hal ini akan berpengaruh pada lenyapnya budaya pribumi yang akan terlindas oleh budaya-budaya asing.

Selain itu masuknya budaya asing di tengah-tengah peradaban bangsa menyebabkan munculnya berbagai dampak negative sebagai pengaruh globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945 pasal 32 ayat 1, kemajuan budaya Nasional merupakan tanggung jawab bersama.

Artinya, kemajuan budaya bukanlah hanya kewajiban para budayawan bukan hanya kewajiban pemerintah melainkan kewajiban semua element masyarakat sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama.

Seni Qasidah merupakan asset kekayaan seni dan budaya yang ada di Indonesia, Seni Qasidah ini perlu kita angkat ke permukaan sehingga masyarakat akan mengenal kekayaan Seni Qasidah, bahwa Seni Qasidah adalah budaya religi yang kita miliki yang salah satunya adalah dengan cara menumbuhkan dan mengembangkan melalui pendidikan, pembinaan, pengkaderan ataupun melalui event-event pagelaran dan festival, baik di
daerah, di tingkat lokal, Nasional bahkan Internasional.

Dalam upaya mengkomunikasikan kekayaan Seni Qasidah yang tersebar di tiap institusi, komunitas, Pondok Pesantren, sekolah, ataupun pendidikan lainnya di persada Nusantara kepada masyarakat luas, maka sistem pembinaan dan pengenalan harus benar-benar dilakukan semaksimal mungkin, hal ini bertujuan mempermudah minat dan animo terhadap Seni Qasidah itu sendiri, sehingga Seni Qasidah bisa membantu mengangkat citra
dan martabat Indonesia dimata dunia.

Sejak LASQI berdiri pada hari Ahad tanggal 20 September 1970 di Jakarta dengan nama Seni Qasidah Tradisional Rebana, kemudian disahkan dengan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta (Bapak M. Suprapto) nomor 526 tahun 1985 dengan nama Lembaga Seni Qasidah Jakarta Raya (LASQI-Jaya), LASQI yang selama ini berdiri dan sudah berjalan merupakan sebuah ORMAS (Organisasi Masyarakat atau dikenal dengan nama Lembaga), dan merupakan Ormas yang sudah Berbadan Hukum (SK-Kemenkumham) dibawah Kepemimpinan DR. Hj. Lisda Hendrajoni, SE.MMTr selaku Ketua Umum.

Dan pada hari ini di Surakarta, dalam sambutan Pelantikan Pengurus DPD LASQI Surakarta, “Kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita masih diberikan kesempatan, kekuatan, dan In Syaa Allah kita akan terus bersama sama membangun LASQI
ini lebih maju dan semakin jaya.”

LASQI Surakarta dilantik pada tanggal 22 November 2022 di Surakarta oleh Ketua DPW Jateng Ibu KMT Hj. Siti Maryani Setyaningtyas, SE., MM memiliki visi ‘Meningkatkan peran serta seniman muslim di Surakarta dalam pembangunan nasional. LASQI meningkatkan pengetahuan, kecakapan dan ketrampilan anggota LASQI dalam bidang seni islami agar mampu berorganisasi, berdedikasi tinggi dan dapat menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan’.

Kegiatan LASQI Kota Surakarta bekerja sama dengan badan-badan Pemerintah/Swasta serta
organisasi-organisasi profesi lainnya dibidang seni budaya, berdasarkan peraturan organisasi untuk melayani kebutuhan anggota. LASQI Kota Surakarta selain mengembangkan ukhuwah islamiyah, mensyiarkan Da’wah islamiah, membina, membimbing, mengembangkan dan melestarikan khasanah budaya melalui peningkatan mutu seni islami. Juga melaksanakan program Pemerintah di bidang pembangunan mental spiritual untuk menciptàn manusia yang berakhlakul karimah.

Dengan dukungan semua pengurus maupun anggota dari berbagai unsur dan latar belakang baik pendidikan, usaha serta budaya memberikan corak kebhinekaan di LASQI Kota Surakarta. “Semoga kegigihan, kerjasama, keberanian, kreativitas, dan keyakinan dalam menjalankan organisasi, In Syaa Allah di Ridhoi Allah SWT Salam LASQI,” demikian sambutan KMT. DR. Hj. Roch Mulyani Arumingtyas SE.MM selaku Ketua LASQI PD Kota Surakarta. (GP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.