Pasca Bencana Banjir dan Tanah Longsor Di Kecamatan Poigar, Ibu Bupati dan Kapolres Bolmong Tinjau Lokasi

Bolmong, beritaterbit.com – Pasca bencana banjir dan tanah longsor, Ibu Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu SH MH bersama Bupati Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow meninjau lokasi terkena bencana di Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong di Desa Nonapan dan Poigar III serta tanah longsor di Desa Mariri II.

Adapun tinjauan terpantau dalam ke semuanya desa Kecamatan Poigar dari prioritas tinjauan desa-desa tersebut, Minggu (18/17/2021) situasi aman dan kondusif.

Dalam hal penyampaian Ibu Kapolres Bolmong kepada masyarakat yang terdampak longsor dan banjir untuk menjaga kemananan dan keselamatan jika kondisi tidak memungkinkan agar segera menghimbau kepada pemilik rumah untuk mengungsi cari alternatif tempat tinggal lain.

Ibu Kapolres menghimbau gotong royong mengajak tetangga dan warga sekitar korban untuk kerja bakti untuk meringankan beban korban longsor sambil menunggu bantuan yang diajukan kepada pemerintah.

Lanjutnya, semua warga harus tetap waspada terutama yang tinggal di lereng-lereng gunung atau di bawah lereng gunung, karena masih berpotensi longsor akibat curah hujan yang masih tinggi.

Jika ada hal-hal yang kurang jelas diharapkan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat atau dengan Polsek setempat.

Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu menambahkan, tetap jaga prokes, pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumunan.

Di tempat yang sama Kapolsek Poigar ketika dikonfirmasi awak media dalam situasi bencana tanah longsor dan banjir, Kapolsek Poigar Ipda Tezza Arbie, mulai dari terjadi curah hujan di hari Sabtu sore (17/7), Bhabinkamtibmas digerakkan dalam pantauan antisipasi, dan sampai malam hari ini mendampingi kegiatan Kapolres Bolmong bersama Bupati Bolmong meninjau lokasi banjir di Desa Nonapan dan Poigar III serta tanah longsor di Desa Mariri II situasi aman dan kondusif, ungkapnya.

Bersama warga masyarakat, salah satu warga Desa Wineru Fadli Pandaleke apresiasi Ibu Kapolres Bolmong dan Ibu Bupati Bolmong atas respon cepat dalam kunjungan peduli bencana banjir, torang sangat bersyukur atas kedatangan dengan harapan dapat respon cepat atas bantuan terutama infrastruktur saluran drainase yang diterpa air, jika saluran akan tersumbat atau tidak lagi menampung debet air pasti akan meluap lagi,kata salah satu warga Desa Wineru dengan nama panggilan Om Mun.

Tim mendapatkan informasi di 20 desa se-Kecamatan Poigar bahwa terjadi bencana banjir di Kecamatan Poigar. Beberapa desa ratusan rumah warga terendam banjir, khusus Desa Marir dua longsor menimpa rumah warga terbawah arus laporan Sabtu, 17 juli 2021.

Dari penanganan relawan Tagana perpanjangan tangan dari Dinas Sosial Bolmong dan relawan Maesa’an Waya Maleo Lovers Sulut bekerja sama dengan stakeholder dalam asesment.

Informasi data yang didapatkan;

• JENIS BENCANA
Banjir dan tanah longsor

Kecamatan Poigar 20 Desa

1.Desa Pomoman : jalan masuk ke Desa Pomoman dua titik tertutup longsor dari lokasi perkebunan mangga satu dan pogaletan.

2.Desa Mondatong Baru hujan lebat namun usai hujan air langsung surut

3.Mondatong hujan lebat namun usai hujan air langsung surut

4.Desa Nanasi timur terendam banjir 30 kk

5.Desa Nanasi 20 kk

6.Desa poigar tiga : 30 kk

7.Desa Poigar Dua : 39 kk dan ada kerugian material akan di sampaikan oleh pemerintah Desa terlampir

8.Desa Poigar Satu : tanpa keterangan

9.Desa Tiberias 70 kk

10.Desa Gogaluman 70 kk

11.Desa Wineru 400 kk

12.Desa Nonapan 70 kk

13.Desa Nonapan Satu 131 kk

14.Desa Nonapan Baru 50 kk

15.Desa Nonapan Dua 200 kk

16.Desa Mariri Baru : usai curah hujan air hanya langsung surut

17.Desa Mariri Lama : nihil

18.Desa Mariri Satu : nihil

19.Desa Mariri Dua : Telah terjadi tanah longsor di desa mariri dua kecamatan poigar yg mengakibatkan stu rumah penduduk hanyut dibwh banjir. Rmh dri kel. Candra Tandriono Rumbay.

20 Desa tanjung Mariri : nihil

Adapun data yang didapatkan sifatnya sementara dan menunggu laporan dari pemerintah pesa kepada Pemerintah Kabupaten Bolmong dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulut.

Diketahui bahwa terjadi bencana longsor dan banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow ada beberapa titik terjadi bencana. Desa Komangaan Kecamatan Bolaang adalah salah satu bencana banjir dan tanah longsor sehingga menutupi sementara akses jalan namun dari dinas terkait bersama warga bekerja sama membuka akses jalan. (tim/ys)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.