Pansus 1 DPRD Kab Blitar Melakukan Pengecekan Aset Daerah di Sutojayan

Kab Blitar, beritaterbit.com – Setelah Pansus I melakukan koordinasi terkait pengelolaan sungai Brantas di Wilayah Kecamatan Sutojayan dalam Rangka Pembahasan Ranperda RDTR dan Penataan Zonasi Wilayah Perencanaan (PZ BWP) Sutojayan tahun 2019 – 2030, di BBWS Brantas pada Rabu lalu, Jum’at (23/10/2020) Pansus I melakukan pengecekan kondisi di lapangan terutama aset daerah yang terdapat di kelurahan Kalipang Kecamatan Sutojayan.

Pengecekan ini difokuskan pada aset tanah aset milik negara dengan luas 599m2 yang sekarang digunakan untuk gedung olahraga. Serta, kantor Kecamatan Sutojayan yang berada di komplek Alon-alon Lodoyo yang rencananya akan dipindahkan ke selatan Kelurahan Kembangarum.

Ketua Pansus I, M. Rifai saat ditemui usai melakukan kegiatan kunjungan lapangan mengatkan, Pansus I masih mempunyai PR untuk memindahkan pedagang kaki lima dan pemindahan pasar Lodoyo agar saat ada event perayaan Siraman Mbah Pradah tidak terjadi kemacetan.

“Ada beberapa alternatif, dimana aset negara milik Pemda di Kelurahan Kalipang yang sekarang dijadikan gedung olahraga dan bersebelahan dengan terminal Ludoyo, mungkin rencananya akan dibuat untuk relokasi PKL atau RTH,” kata Politisi PKB tersebut.

M. Rifai mengungkapkan alternatif lainnya, PKL bisa ditempatkan di eks kantor Kecamatan Sutojayan. Karena rencananya Kantor Kecamatan akan dipindahkan di Keluarahan Kembangarum.

Sedangkan untuk pasar Kalipang rencananya akan dipindahkan diluar kelurahan Kalipang. Untuk Alon-alon Lodoyo yang merupakan pusat penyelenggaraan event siraman gong kyai pradah, direncanakan akan ditetapkan sebagai cagar budaya.

“Pansus I masih akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait pembangunannya taman di kompleks Alon-alon Lodoyo. Sememtara untuk master plan pembangunan tempat siraman dan pesranggahan, kit harus koordinasi dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga agar sinkron,” pungkas M. Rifai.(San/adm)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.