Olahan Industri Rumahan Kerupuk Pati Milik Warga Tamansari

Pati, beritaterbit.com – Ditengah sibuknya pekerjaan TMMD reguler ke 111 Kodim 0718/Pati, anggota satgas disela istirahatnya selalu menyempatkan diri untuk jalin keakraban dengan masyarakat sekitar. Salah satunya seperti yang dilakukan Serda Ahmad yang bersilaturahmi ke rumah warga yang mempunyai usaha kerupuk berbahan tepung pati singkong. Dewasa ini sudah sangat jarang kita temui kerupuk yang berbahan pati singkong, biasanya aneka kerupuk yang kita jumpai sudah berbahan terpung terigu bercampur tepung tapioka. Jum’at 25/06/2021)

Rahmi (45), salah satu warga Desa Tamansari, Kecamatan Jaken ini menekuni bisnis rumahan kerupuk pati sudah puluhan tahun lalu. Cara membuat kerupuk berbahan pati singkong tersebut merupakan turun temurun dari orang tuanya.

‘’ Usaha ini keterampilan dari orang tua saya, terus saya belajar dan saya kembangkan kembali dan proses pembuatannya cukup lama, dan butuh banyak tenaga. Saat mengaduk bahan inilah yang paling berat, dan butuh tenaga yang banyak,’’ akunya.

Sementara Serda Ahmad mengatakan jika dengan silaturahmi ini selain mempererat hubungan keakraban dengan warga, ia juga menambah pengetahuan tentang cara membuat olahan kerupuk pati yang renyah. Karena sebelumnya hanya tahu menikmati saja namun belum tahu cara memproses jadinya kerupuk.

“Sekarang saya jadi tahu ternyata proses membuat kerupuk pati sangat panjang tahapannya, setelah selesai dicetak harus dijemur sampai kering,” ungkapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.