“Nahkoda Baru Untuk PMKRI Cabang Jambi”

Jambi, beritaterbit.com – Sabtu (19/9) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jambi , mengadakan Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) untuk periode satu tahun kedepan yang diadakan di Aula Paroki Santo Gregorius Agung.

Sebelum pelantikan dimulai, kegiatan diawali dengan diskusi dengan tema “Posisi ORMAS Katolik dalam Pilkada Serentak tahun 2020 yang Bermartabat Ditengah Pandemic Covid-19”. Kegiatan diskusi menghadirkan Engelbertus Boli Tobin sebagai PP PMKRI, Hendrica Maria Niniks Bidang Pendidikan WKRI Jambi, Sonny Jantri Patia Pardede, S.H Ketua Komcab Pemuda Katolik Jambi, dan Indra Ronaldo Lumbangaol Ketua Presidium terpilih PMKRI Cabang Jambi. Kegiatan diskusi diharidi oleh sejumlah alumni PMKRI Cabang Jambi, PMKRI Sesumbagsel, perwakilan OKP, Kesbangpol Kota Jambi dan Pembimas Katolik Jambi.
Poin-poin yang disampaikan dalam diskusi, ORMAS katolik harus berpartisipasi dan berperan aktif dalam mengawal proses pilkada yang berlangsung, jangan sampai ada kecurangan yang terjadi agar terwujud Pilkada yang bermartabat dan berkualitas demi kepentingan masyarakat.

Selanjutnya, para narasumber menyampaikan agar masyarakat, terkhususnya masyarakat katolik dapat menghindari “Politik Uang” dimana pada masa pandemic ini masalah keuangan sangat rentan, perekonomian masyarakat pun sedang tidak stabil, hal ini dapat menjadi celah dalam melakukan kecurangan pada pilkada dimasa pandemic ini, sehingga dapat mempengaruhi proses pilkada yang seharusnya bersih menjadi kotor karena adanya kecurangan.

Selain itu, keempat narasumber juga menghimbau masyarakat terkhusnya masyarakat katolik untuk menggunakan hak suaranya dan tidak golput, karna satu suara sangat berharga dan dapat mempengaruhi suatu daerah untuk lima tahun mendatang. Serta narasumber juga menghimbau masyarakat untuk berpatisipasi dan berperan aktif dalam melaksanakan protokol kesehatan, agar tempat pemungutan suara tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19.

Setelah diskusi selesai, agenda dilanjutkan dengan pelantikan DPC PMKRI Cabang Jambi dibawah komando ketua Indra Ronaldo Lumbangaol yang dilantik oleh Engelbertus Boli Tobin sebagai PP PMKRI.

Dalam sambutannya, Indra menyebut akan terus berusaha untuk membawa PMKRI menjadi organisasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan gereja. Ia berharap semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam PMKRI dapat saling membantu. Indra juga berharap agar organisasi kemasyarakatan pemuda, terkhususnya yang tergabung dalam kelompok cipayung tetap kompak dan bersinergi dalam penyelesaian isu-isu yang ada di Jambi.

Agustina Setiawati, Sekjen PMKRI Bengkulu mewakili PMKRI se-sumbagsel menyampaikan selamat atas terpilihnya jajaran DPC PMKRI cabang Jambi yang baru, semoga PMKRI cabang Jambi terus bersinergi dengan baik dengan PMKRI se-sumbagsel, membangun komunikasi yang baik dan melaksanakan program-program Regio bersama-sama.

Sementara itu Isa Maranatha mewaikili alumni PMKRI Cabang Jambi, dalam sambutannya mengharapkan agar PMKRI Jambi ke depan semakin kuat dan tangguh. “Bukan harus besar dari sisi jumlah anggotanya, yang penting adalah tangguh dalam berkarya ditengah masyarakat dan gereja” kata Isa.

Selanjutnya, Engelbertus Boli Tobin sebagai PP PMKRI menyampaikan bahwa menjadi pengurus artinya menerima seluruh tanggung jawab dan mandat yang diberikan perhimpunan dalam segala keadaan, menjadi “pelayan” dan terus berbuat bagi kepentingan gereja dan tanah air. Obin juga menyampaikan bahwa PP PMKRI akan selalu siap membantu dan mengarahkan apapun yang menjadi kebutuhan cabang.
Kegiatan pelantikan berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.