Mindo Sianipar Resmi Membuka Sosialisasi Penguatan Peran Masyarakat Dalam Bidang Perikanan Berbasis Masyarakat

Nganjuk, Beritaterbit.com – Rabu (10/8/2022) bertempat di Gedung Aspirasi Rakyat yang berada di Desa Gejagan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, Mindo Sianipar resmi membuka acara Sosialisasi Penguatan Peran Masyarakat Dalam Pengawasan SDKP Melalui Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat.

Dalam acara tersebut nampak hadir dari Dirjen Kelautan dan Perikanan Cilacap, Ir. Nugroho Aji MSi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, Kepala Stasiun PSDKP Cilacap beserta rombongan, Muspika Kecamatan Loceret beserta undangan POKMASWAS Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya Ir. Nugroho Aji menyampaikan, “Dalam rangka bentuk penguatan pengawas di bidang perikanan untuk berperan aktif membantu pemerintah di dalam perikanan dan kelautan, juga salah satu untuk memperkenalkan dan memadamkan penangkapan ikan dengan cara-cara yang salah bahkan bisa menjadikan tindak pidana, maka dari itu kita sosialisasikan agar tidak terjadi seperti itu,” ujarnya.

Masih kata Nugroho Aji, “Bahkan bahayanya alat seperti penangkapan dengan racun ataupun dengan listrik, karena bisa merusak ekosistem ikan maupun lingkungannya bahkan ikan bisa mengalami kepunahan sehingga di suatu saat nanti akan kehilangan ikan itu jenis sendiri. Juga peran serta POKMASWAS agar tau kalau ada yang masih menggunakan cara seperti itu bisa mengajak dan tidak menggunakan alat-alat penangkap ikan bahaya tadi sehingga kelestarian ikan dan lingkungan tetap terjaga dengan baik. Semoga dengan acara ini semua faham dan jadi tanggung jawab kita bersama dalam rangka pengawasan sumber daya alam perikanan dengan tujuan pemanfaatan sumber daya alam yang sebaiknya,” harapnya.

Selain itu pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Nganjuk Yudi Ernanto SPi.MM mengatakan, “POKMASWAS adalah sebagai relawan lingkungan sebagaimana untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama perikanan dan kelautan bahkan ramah lingkungan ini adalah tugas kita semua dengan harapan pemanfaatan sumber daya alam yang ada ini bisa sewaktu-waktu digunakan jangan sampai ada efek kerusakan ekosistem penangkapan ikan yang salah,” ungkapnya.

Di acara tersebut juga terdapat tanya jawab antara anggota POKMASWAS dengan pihak Dirjen Kelautan dan Perikanan Cilacap, juga secara simbolis dilakukan penyerahan Rompi oleh Dirjen Kelautan dan perikanan untuk anggota POKMASWAS, yang artinya mereka sudah sah jadi salah satu yang tergabung dalam kepedulian terhadap lingkungan termasuk ekosistem perikanan yang ada.

Reporter : Gendro

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.