Mengintip Pembangunan Desa Parekaju Kabupaten Luwu

Luwu, beritaterbit.com – Desa Parekaju Kec. Ponrang Kab. luwu Sulawesi Selatan yang berada perbatasan desa Mario desa Tampa dan desa Lare Lare perbatasan desa Tanjong yang wilayah sangat potensial yang penduduknya rata rata adalah petani sawah dan perkebunan dilihat sumber daya manusianya (SDM) cukup memadai.

Hal ini dikatakan Kepala Desa Parekaju Sirajuddin saat ditemui wartawan media ini di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. ”Pemerintah itu merupakan ujung tombak pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakatnya. Makanya sebagai Kepala Desa kami harus bijak dan tidak boleh ada yang dibeda-bedakan,” katanya.

Karena, sambung Sirajuddin, kapan mereka dibeda bedakan pasti akan ketahuan dengan yang lain. “Kita harus adil dalam memberi bantuan kepada warga. Jangan ada pilih kasih sehingga nanti kita di cap sebagai kepala desa yang tidak adil,” tandasnya.

Dikatakan Sirajuddin bahwa program anggaran dana desa (DD) untuk tahun 2024 ada empat fisik yang memiliki skala prioritas yaitu Drainase, Perpipaan, Plat Duiker dan Irigasi dan merupakan usulan masyarakat desanya. “Ya kita utamakan yang menjadi keinginan warga dalam pembangunan desa dan ini sudah dirapatkan melalui Musrembang,” tegasnya.

Disisi lain program yang selama ini dijalankan di desanya ada dana Bundes yang bergerak simpan pinjam dan obat-obatan pertanian.

“Sangat membantu masyarakat walaupun jumlahnya masih sedikit nanti dilihat perkembangan kita akan tambah lagi diatasnya seratus juta. Juga kami di Desa Parekaju aktif melakukan majlis taklim setiap malam yang ditentukan itu demi meningkatkan akhlak bagi warga. Selain itu, kita juga harus ramaikan olah raga bagi muda mudi demi terciptanya rohani yang sehat karena kalau rohani sehat pasti jiwa kita sehat,” kunci Kades Sirajuddin.

Penulis: Yana

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.