Mengenal Profesi Baker dan Syarat Menjadi Baker Profesional

Saat ini, profesi baker semakin banyak dicari seiring dengan perkembangan industri bakery di Indonesia. Nah, jika Anda memiliki passion membuat hidangan penutup, maka profesi ini patut untuk dipertimbangkan. Untuk menjadi seorang baker, syarat utamanya adalah mempunyai pengetahuan dalam mengolah serta menyajikan makanan berupa kue oriental atau kontinental.

Selain itu, ada syarat-syarat khusus yang menjadikan Anda seorang baker profesional. Maka dari itu, mari mengenal lebih jauh profesi baker dengan langsung cek postingannya berikut ini!

Sekilas Tentang Profesi Baker

Baker merupakan profesi yang menuntut seseorang untuk mempunyai keahlian untuk melakukan beberapa hal seperti mencampurkan adonan, memanggang bahan, hingga menghias dan menyajikan ragam jenis kue. Beberapa kue yang termasuk dalam ranah pekerjaan baker adalah kue kering, pie, cookies, serta makanan panggang lainnya. Profesi ini kerap dicari untuk ditempatkan pada restoran, toko roti, hotel, serta industri roti.

Tugas Baker

Seorang baker memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah. Kemampuan yang dikuasai juga harus bermacam-macam, di antaranya:

· Mencampur dan memanggang bahan-bahan.

· Membuat kue dengan bentuk yang bagus.

· Menghias kue dan menyajikannya secara menarik untuk pelanggan.

· Membeli alat dan perlengkapan yang sesuai untuk membuat kue.

· Mencatat bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue.

· Memahami manajemen bahan baku dalam pembuatan kue.

· Menggabungkan bahan yang sesuai kemudian menempatkannya pada loyang, mengatur oven, serta memanggang adonan tersebut.

· Memeriksa kualitas produk dengan cara identifikasi barang yang rusak maupun yang kadaluarsa.

· Mengatur kecepatan dan waktu ceret uap, mixer, dan alat lain sesuai dengan petunjuk.

· Menjaga kebersihan alat dan area kerja untuk pembuatan kue.

· Mencatat inventaris bahan dan alat yang tersedia di tempat kerja.

· Mengecek kualitas bahan untuk membuat kue.

Bagaimana Meningkatkan Kualifikasi Baker?

Untuk menjadi seorang baker, ternyata kualifikasinya tidak main-main. Tidak sembarang orang bisa menjadi baker profesional. Setidaknya, Anda harus memiliki kemampuan sebagaimana tugas baker di atas dengan beberapa cara seperti :

1. Lulusan Jurusan Tata Boga

Agar bisa menjalankan profesi baker, maka bisa melalui perkuliahan di jurusan tata boga. Tentu saja dipersiapkan sejak SMK mengambil jurusan yang serupa. Di sana, akan ada pelajaran dan mata kuliah yang berhubungan erat dengan profesi baker.

2. Kursus dan Pelatihan

Tidak hanya berbekal sekolah formal saja, Anda juga harus mengikuti pelatihan dan kursus untuk masuk ke profesi baker. Pelatihan dan kursus ini akan menunjang nilai Anda dibuktikan dengan sertifikat yang sah.

3. Bergabung dengan Komunitas

Selain melalui perkuliahan dan kursus, Anda juga bisa meningkatkan kualifikasi dengan cara bergabung dengan grup pecinta baking serta pembuat kue secara online atau offline. Saat ini banyak sekali grup semacam itu untuk sharing dengan orang-orang yang mempunyai profesi yang sama atau sekadar hobi membuat makanan.

4. Belajar Secara Otodidak

Dengan bekal ilmu dari sekolah, kampus, atau kursus, Anda bisa mengembangkan sendiri kreativitas menjadi seorang baker. Sebab, profesi ini membutuhkan banyak praktik sendiri di rumah. Selain itu, Anda juga bisa belajar menemukan teknik terbaik untuk membuat kue.

Syarat Jadi Baker Profesional

Baker profesional merupakan seseorang yang menguasai beragam keterampilan teknis mengenai pembuatan produk roti. Penguasaan keterampilan ini adalah syarat utama agar bisa meniti karir jadi baker.

Selain hal tersebut, ada juga syarat yang tidak kalah penting yang harus dimiliki oleh baker chef, di antaranya:

1. Eagerness to work

Dengan kemauan kerja yang kuat, maka baker profesional bisa bertahan di tempat kerja. Sebab, hotel, bakery, atau kafe mempunyai tuntutan kerja secara fisik yang cukup panjang, serta adanya tekanan kerja yang tinggi dan serba cepat.

2. Commitment to learn

Artinya, Anda harus mempunyai komitmen belajar yang tinggi. Pasalnya, pada dunia bakery, sistem kerjanya dinamis dan harus berhadapan dengan hal baru. Anda harus selalu belajar dan tidak pernah berhenti. Caranya dengan terus membaca, mencoba, serta melanjutkan pendidikan. Tak kalah penting, Anda juga harus selalu membangun network dengan rekan seprofesi atau asosiasi bakery.

3. Bangga dengan Profesi yang Dijalani

Dengan memiliki rasa bangga terhadap profesi baker, maka Anda akan selalu menjaga sikap kerja positif, bekerja secara rapi dan efisien, serta menjaga proses produksi dalam keadaan safety. Sehingga, hasil bakery yang Anda produksi akan berkualitas tinggi.

4. Selalu Melayani

Seorang baker harus memberi layanan dan kenyamanan bagi pelanggan. Sebab, industri food service ini sangat erat hubungannya dengan keramahtamahan serta pelayanan. Perasaan melayani inilah yang menjadikan seorang baker selalu mencari bahan baku terbaik, enak, sehat, dan aman dikonsumsi. Di lingkungan kerja, baker profesional yang berjiwa melayani juga akan membangun kebersamaan serta saling menghormati dengan sesama rekan kerja.

Profesi baker ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar pekerjaan ini bisa memberikan impact yang baik untuk pelanggan maupun lingkungan kerja. Tertarik menjadi baker?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.