Mengenal Hepatitis A atau Penyakit Hati

Berita Terbit – Hepatitis A adalah penyakit hati virus yang dapat menyebabkan penyakit ringan hingga berat.  Virus hepatitis A (HAV) ditularkan melalui konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi atau melalui kontak langsung dengan orang yang menular.

Hampir semua orang sembuh sepenuhnya dari hepatitis A dengan kekebalan seumur hidup. Namun, sebagian kecil orang yang terinfeksi hepatitis A bisa meninggal akibat hepatitis fulminan. Risiko infeksinya dikaitkan dengan kurangnya air yang aman, sanitasi dan kebersihan yang buruk (Seperti tangan yang kotor).

Pasokan air yang aman, keamanan makanan, sanitasi yang baik, mencuci tangan dan vaksin hepatitis A adalah cara yang paling efektif untuk memerangi penyakit ini.

Hepatitis A adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus ini terutama menyebar ketika orang yang tidak terinfeksi (dan tidak divaksinasi) menelan makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran orang  yang terinfeksi. Penyakit ini terkait erat dengan air yang tidak aman atau makanan, sanitasi yang tidak memadai dan kebersihan pribadi yang buruk.

Tidak seperti hepatitis B dan C, infeksi hepatitis A tidak menyebabkan penyakit hati kronis dan jarang fatal, tetapi dapat menyebabkan gejala yang melemahkan dan hepatitis fulminan (gagal hati akut), yang sering berakibat fatal.

Hepatitis A terjadi secara sporadis dan epidemi di seluruh dunia, dengan kecenderungan untuk kekambuhan siklus. Virus hepatitis A adalah salah satu penyebab tersering infeksi makanan.Epidemi yang terkait dengan makanan atau air yang terkontaminasi, dapat meledak secara eksplosif. Virus hepatitis A bertahan di lingkungan dan dapat menahan proses produksi makanan yang secara rutin digunakan, untuk menonaktifkan dan atau mengendalikan bakteri patogen.

Penyakit ini dapat menyebabkan konsekuensi ekonomi dan sosial yang signifikan di masyarakat. Diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan bagi orang yang baru sembuh dari penyakit untuk kembali bekerja, sekolah, atau kehidupan sehari-hari. Dampak pada perusahaan makanan yang diidentifikasi dengan virus, dan produktivitas lokal secara umum, dapat menjadi substansial.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.