Melihat Santri Masjid Abdul Jalil Tambakrejo dalam Menyambut Hari Santri Nasional

Purworejo, beritaterbit.com – Khataman Al Quran menjadi puncak acara dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan menyambut Hari Santri Nasional (HSN) di Masjid Abdul Jalil Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (19/10/2021).

Pengasuh Masjid Abdul Jalil Kyai Muhammad Ahsin mengungkapkan, bahwa kegiatan kirab santri dan kirab budaya tersebut dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 oktober.

“Untuk rangkaian acaranya sendiri yaitu khataman dan wisuda santri di masjid abdul jalul ini yang diikuti oleh 17 santri,” ungkapnya.

Diungkapkanya, sebelum diadakan kirab santri terlebih dahulu diadakan acara tumpengan dengan tujuan untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada masyarakat di Kelurahan Tambakrejo.

“Dengan diadakanya kirab santri ini, diharapkan jiwa kesantrian sesuai dengan tema santri tahun ini yaitu “Siaga Jiwa dan Raga” artinya para santri harus siap jiwa dan raganya untuk memajukan Indonesia,” ungkapnya.

Kyai Ahsin mengatakan, dengan Maulid Nabi tersebut supaya para santri bisa meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW.

“Degan rasa tasyakur kita kepada Allah SWT maka diadakan juga khataman para santri, untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang ikut khataman al quran Rakha Fadhil Athaya mengungkapkan, rasanya senang dengan diadakanya acara kirab santri dan kirab budaya tersebut.

“Senang dan bangga rasanya bisa mengikuti acara ini. Semoga kedepan saya bisa terus melanjutkan ngajinya supaya bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua saya,” ungkapnya dengan malu-malu. (Tiya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.