Melalui Musrenbang Tingkat Kecamatan Bermani Ilir, Pesan Wabup Kepahiang: Utamakan Usulan yang Rasional dan Logis

Kepahiang, Beritaterbit.com – Dengan mengusung tema “Peningkatan Kualitas Infrastruktur Untuk Pengembangan Ekonomi dan Pemenuhan Pelayanan Dasar”, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bermani Ilir pada Senin (05/02/2024).

Musrenbang tingkat Kecamatan Bermani ilir resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang H Zurdi Nata S.Ip. Dalam sambutannya Wakil Bupati Kepahiang mengatakan, bahwa pelaksanaan Musrenbang adalah amanat Undang-Undang yang harus dilaksanakan melalui kegiatan musrenbang tingkat kecamatan nantinya diharapkan dapat menyerap kebutuhan yang dibutuhkan oleh kecamatan yang mana sebelumnya usulan-usulan yang disampaikan dari tingkat desa melalui Musrebangdes.

“Pelaksanaan Musrenbang ini wajib dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Pelaksanaan musrenbang ini sebagai tolak ukur arah pembangunan di tahun mendatang dan diharapkan menyerap usulan skala prioritas yang rasional dan logis yang sebelumnya telah diusulkan melalui musrenbang tingkat desa,” disampaikan Wabup Kepahiang.

Lebih lanjut Wabup Kepahiang mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan sebuah wahana sekaligus proses perencanaan pembangunan daerah dari bawah atau disebut Button Up, yang mana pada akhirnya nanti akan menghasilkan sebuah gagasan apa yang harus dilaksanakan sesuai dengan situasi dan perkembangan terkini.

Melalui pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini pula nantinya akan menjadi wahana dalam menyusun rencana kerja perangkat daerah Kabupaten Kepahiang di tahun 2025 mendatang.

“Musrenbang tingkat kecamatan adalah sebuah wahana atau wadah sekaligus proses merencanakan pembangunan daerah dari tingkat bawah atau dari musrenbang tingkat desa dilanjutkan pada musrenbang tingkat Kecamatan dan musrenbang tingkat kabupaten yang akhirnya akan melahirkan gagasan dalam menyusun RKPD Kabupaten Kepahiang di tahun 2025 mendatang”.

“Harapan saya nantinya para peserta dapat betul-betul menentukan usulan sesuai dengan kebutuhan yang rasionalistis betul-betul keinginan masyarakat yang sesuai dengan kemampuan keuangan daerah bukan berdasarkan keinginan saja,” tegas Wakil Bupati Kepahiang ini.

Camat Kecamatan Bermani Ilir, Hamka S.Sos pada kesempatan ini lebih menyoroti keadaan dan situasi kantor Camat Kecamatan Bermani Ilir yang sudah memperihatinkan dan memang layak untuk dilakukan pemugaran dan perbaikan secara menyeluruh. Karena mengingat Kantor Camat Bermani Ilir sampai dengan hari ini belum sama sekali tersentuh pembangunan sehingga mempengaruhi dalam pelayanan publik.

Camat Bermani Ilir juga berharap dengan diadakan Musrenbang tingkat kecamatan akan melahirkan usulan secara skala prioritas. “Keadaan Kantor Camat Kecamatan Bermani Ilir ini sudah layak untuk dilakukan perbaikan menyeluruh bahkan pemugaran secara total karena melihat kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi dan memang layak untuk dilaksanakan perbaikan”.

“Sampai dengan hari ini Kantor Camat Bermani Ilir belum ada sentuhan pembangunan hal ini dikarenakan dengan situasi keuangan daerah yang tidak memungkinkan, harapan kami melalui kegiatan musrenbang tingkat kecamatan ini perbaikan dan renovasi Kantor Camat Bermani Ilir dapat dimasukan pada usulan prioritas karena ini berpengaruh pada pelayanan kepada masyarakat,” dikatakan Hamka S.Sos.

Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Dapil Bermani Ilir Muara Kemumu yang sempat hadir pada Musrenbangcam Bermani Ilir, Eko Guntoro SH juga menyampaikan bahwa usulan pembangunan Kantor Camat Bermani Ilir sudah beberapa diusulkan namun secara umum permasalahan ini terkendala oleh minimnya anggaran dan situasi keuangan daerah yang mengalami defisit.

Namun menurut Eko Guntoro SH pada tahun ini dirinya akan memperjuangkan lagi aspirasi serta kebutuhan yang sangat urgent dan mendesak seperti halnya pembagunan Kantor Camat Bermani Ilir.

“Masalah pembangunan dan renovasi kantor Camat Bermani Ilir ini sudah beberapa kali diusulkan, bahkan saya sampaikan pada kesempatan namun sekali lagi pada tahun- tahun yang lalu kita terkendala oleh anggaran dan situasi keuangan daerah yang mengalami defisit. Kita semua tentunya tau dan memahami kondisi ini, namun saya akan tetap memperjuangkan inikan betul-betul kebutuhan mendesak karena berhubungan dengan pelayanan masyarakat,” tegasnya.

Hingga saat ini kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan Bermani Ilir masih berlangsung dengan agenda pemaparan program dan usulan dari para narasumber. Hadir dalam kesempatan ini perwakilan OPD Kabupaten Kepahiang, Kapolsek Bermani Ilir, Koramil 0409 para Kepala Desa se-Kecamatan Bermani Ilir.

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.