Masyarakat Pante Labu dan Suka Damai Keluhkan Akses Jalan Rusak Parah

Aceh Timur, beritaterbit.com – Masyarakat Pante Labu dan Suka Damai Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur akses jalan poros Gampong (Desa) rusak parah. Untuk diketahui kerusakan jalan poros antar gampong itu tidak hanya menghambat perekonomian masyarakat, namun juga membahayakan keselamatan bagi pengendera.

Hal tersebut disampaikan Asnawi Ahmad salah seorang tokoh masyarakat setempat kepada media ini lewat hp selulernya, Minggu (15/12/2019)

Dikatakan, proyek pengerasan jalan antar desa dikecamatan Pante Bidari baru selesai dikerjakan dua bulan lalu. Namun akibat kurangnya material (tasirtu) mengakibatkan jalan tersebut becek berlumpung dan berkubang karena musim hujan saat ini. kondisi jalan tersebut berlumpur terdapat di sepanjang jalan sehingga kendaraan roda empat dan sepeda motor sangat sulit melintasi jalan itu hingga mengakibatkan sejumlah siswa tidak bisa bersekolah.

“Jalan dari Desa Suka Damai hingga Pante Labu menuju kecamatan Pante Bidari sepanjang sekira 3 kilometer tersebut masih banyak jalan tanah, sehingga pengguna jalan kesulitan melintasi desa itu berlumpur saat musim hujan,” ungkap Asnawi Ahmad.

Sebenarnya, proyek pengerasan jalan antar desa itu baru dua bulan dilakukan perbaikan. Namun akibat pengerasan jalan dengan tanah kuning dan hanya sedikit bercampur batu mengakibatkan badan jalan becek dan berlumpur. Sehingga pengendara angkutan penumpang umum dan barang serta sepeda motor sangat mengeluhkan kondisi kerusakan jalan yang berlumpur saat ini.

Dikatakannya, dampak dari kerusakan jalan tersebut, truk pengangkut barang enggan masuk ke desa itu. Transportasinya masih rata-rata menggunakan mobil jenis hartop gardan dua.

“Akibat infrastruktur yang masih rusak berat, membuat perekonomian warga masih terpuruk,” ungkap Asnawi.

Dikatakanya, infrastruktur jalan antar desa hingga ke kecamatan Pante Bidari Aceh Timur yang ditimbun sebagian dengan tanah tanpa batu, sehingga saat musim hujan tidak bisa dilintasi. Termasuk para pengguna sepedamotor sekalipun sulit melintasinya saat membawa hasil pertanian seperti karet, kelapa sawit ataupun barang kebutuhan sehari-hari dari desa, Suka Damai, Pante Labu, Pante Rambong hingga Pante Bidari.

“Oleh karena itu, agar pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui instansi terkait dapat secepatnya memperbaiki jalan tersebut dengan menambahkan batu kerikil agar tersebut bisa dilintasi warga atau anak sekolah dan masyarakat umum lainnya,” harapnya. (MI)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.