Masyarakat Cotbatee Kuala Lakukan Aksi Donor Darah Rutinitas

Bireuen, beritaterbit.com – Sejumlah warga masyarakat dalam jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Cotbatee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen–Aceh, melakukan aksi donor darah rutinitas tahunan pada Selasa 17 November 2020 di Komplek Masjid Besar Kecamatan Kuala di Cotbatee Bireuen.

Keuchik Gampong Cotbatee Azwani AB dalam keterangannya kepada wartawan menyebut, aksi donor yang rutinitas tiga atau empat kali dalam setahun bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bireuen dan Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Daerah Bireuen (RSUD) dr Fauziah Kabupaten Bireuen.

Azwani menyebut, pihaknya melakukan donor darah ini tidak lain hanyalah sebagai wujud nyata dalam bentuk kepedulian kepada sesama, saat situasi pandemi Covid-19 serta mengatasi kekurangan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bireuen dan UTD RSUD dr Fauziah Bireuen apalagi saat masa pandemi covid-19.

Menurut Azwani,aksi donor darah sudah menjadi bagian rutinitas bagi warga Cotbatee dan sekitarnya dan kini pihaknya terus berkampanye untuk mematahkan stigma ke khawatiran masyarakat untuk mendonorkan darahnya saat situasi pandemi.

“Kami mau membuktikan kepada masyarakat, bahwa tidak ada masalah donor darah di saat pandemi. Semua prosedur keamanan dan kesehatan bagi pendonor, tentu sudah dipikirkan sebaik mungkin,” Jelas Azwani.

Selain itu tambah Azwani sebelum mereka melakukan darah ada beberapa hal yang dilakukan pemeriksaan seperti memeriksa tekanan darah dan terkait hal lainnya agar mereka nantinya tidak bermasalah dalam aksi donor.

Sementara, Camat Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, Musni Syahputra S.IP, M.Ec.Dev, menjawab wartawan terkait aksi donor darah Pemerintah Desa Cotbatee bersama warga yang tergabung dalam Remaja Masjid Besar Kuala mengatakan sangat mengapresiasi langkah Warga yang sudah menjadi pemantik kegiatan donor darah dengan sukarela.

“ Kami sangat sangat mengapresiasinya sebab kegiatan donor darah adalah rangkaian giat sosial kita dan telah menjadi rutinitas tahunan kita untuk berbagi antar-sesama melalui donor darah ini,” kata Musni Syahputra menyampaikan apresiasinya atas kegiatan sosial yg dilakukan Pemdes Cotbatee tersebut.

“Ke depan kami berharap untuk tidak absen dilakukan dalam artian rutin 3-4 bulan sehingga darah dari warga Cotbatee mampu menyumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkannya. ( Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.