Masjid Batu Giok Nagan Raya Mempesona Ornamen Khas Timur Tengah

Nagan Raya, beritaterbit.com – Masjid Agung Baitul A’la yang terkenal dengan sebutan nama Masjid Giok di Komplek Perkantoran Suka Makmue Ibukota Kabupaten Nagan Raya sangat mengagumkan dan mempesona apalagi ditambah ornamen khas Timur Tengah.

Meski belum selesai, menara masih dalam proses pembuatan Masjid Batu Giok di Kabupaten Nagan Raya sudah mempesona dan ramai dikunjungi  wisatawan daerah Aceh dari berbagai kabupaten (lokal) dan mereka terkagum dengan keindahan masjid yang lantai dan tiangnya terbuat dari batu giok.

Dari amatan media ini, pengunjung selain masyarakat biasa juga didatangi para pejabat maupun tokoh Aceh dari luar daerah Nagan Raya.

Menurut Kasmuddin warga setempat kepada Suherman Amin wartawan media ini, Jumat 20 Januari 2023 disebutkan bahwa masjid ini dibangun di atas area lahan seluas 15 hektare yang terletak dalam Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya.

Dijelaskan, batu giok yang merupakan salah satu batu mulia yang banyak diburu untuk koleksi dan bahkan disimpan di dalam lemari sebagai perhiasan dan hanya dimakai saat-saat istimewa, sementara di masjid ini batu giok justru terhampar luas dan aduhai dingin, sejuk  dan nyaman ketika Shalat.

Betapa tidak, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya Aceh memasang lantai yang terbuat dari batu giok di Masjid Agung Baitul A’la (Masjid Giok) di Kompleks Perkantoran Suka Makmue. Lantai masjid yang terbuat dari batu giok itu seluas 7.000 meter persegi dan terdapat di lantai satu dan dua.

Kasmuddin menyebut, pembuatan pada tahap pertama jumlah batu giok yang dipasang seluas 800 meter persegi dan lantai dari batu giok mampu menampung jemaah Shalat mecapai 14 shaf.

Dana yang telah dialokasikan Pemerintah mencapai Rp 7,9 miliar untuk memasang lantai batu giok dan merehabilitasi beberapa tiang beton masjid dan Alhamdulillah sudah diresmikan  Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, S.E di Komplek Perkantoran Suka Makmue Ibukota Kabupaten Nagan Raya, Jumat (16/9/2022). (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.