Kunker Kajati Sulsel Disambut Adat Bone

Bone, beritaterbit.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, S.H., M.H dan Istri Friska Leonard Simanjuntak melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bone pada Senin (20/3/2023) Siang.

Kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan ini disambut dengan adat Bone di Rumah Jabatan Bupati Bone.

Kajati bersama istri disambut oleh Bupati Bone bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone. Kajati Sulsel juga dianugerahi gelar adat kehormatan oleh Dewan Adat Bone “La Makkatutu Daeng Mamase”.

La Makkatutu Daeng Mamase maknanya ialah sosok pemimpin yang arif dan bijaksana, sangat berhati-hati dalam menyampaikan fakta kebenaran, jujur, teguh dan tidak membeda-bedakan demi kepentingan bangsa dan tanah air yang diamanahkan negara.

“Bagi Leonard merupakan atas gelar kehormatan yang diberikan kepada kami, ketika diberikan penghormatan kami akan bertanggung jawab menjaganya, tidak boleh membuat malu masyarakat Bone,” kata Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak juga memperkenalkan diri kepada masyarakat Kabupaten Bone yang mana dirinya baru menjabat sebagai Kajati Sulsel kurang lebih sebulan.

“Penegakan hukum kejaksaan yang humanis bagi tindak pidana ringan berdasarkan kearifan lokal, tidak lagi bawa ke persidangan tetapi kita lakukan perdamaian korban dan pelaku saling memaafkan,” katanya.

Sementara itu Bupati Bone A. Fahsar M Padjalangi mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kajati Sulsel bersama rombongan.

Bupati A. Fahsar memperkenalkan Kabupaten Bone sebagai kabupaten yang banyak menghasilkan pemimpin, terutamanya menteri.

“Sehingga kami dijuluki Bone Kampung Para Menteri, suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami bapak bisa melihat langsung kondisi di Kabupaten Bone,” kata A. Fahsar.

Lanjutnya menyebutkan, di Kabupaten Bone sinergitas pimpinan daerah sangat bagus dan terjadi keakraban yang sangat luar biasa.

“Kendati demikian, tupoksi kita masing masing berjalan sesuai dengan aturan, pemerintah daerah juga aktif bersama kejaksaan dalam melakukan pendampingan dan pembimbingan pada tugas kami,” tandasnya.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.