Kualitas Wasit Perlu Perhatian Serius Terhadap Sumber Daya Manusianya 

Beritaterbit.com – Kualitas Liga sepak bola yang bermutu bukan hanya ditentukan oleh pemain tapi wasit juga ikut menentukan , oleh karena itu kualitas sumber daya manusia (SDM) ,wasit perlu menjadi perhatian serius karena tidak bisa kita pungkiri bahwa pertandingan sepak bola yang bagus ditonton oleh penonton dan pemirsa , juga dipengaruhi oleh kepemimpinan wasit yang baik.Hal itu sepertinya diharapkan oleh pengemar sepak bola ditanah air yang suka akan sportivitas .

Wasit yang baik, wasit yang benar memberi keputusan dalam tempo yang cepat , tepat dan keputusanya tidak memihak pada sala satu tim ,melainkan ia berperan netral sesuai misi wasit , dan memberi keputusannya berdasarkan pelanggaran yang terjadi . Fenomena yang demikian diharapkan kepada wasit untuk mentaati dan melaksanakan sehinggah kehadiran wasit dilapangan hijauh ,benar menjadi hakim untuk mengadili setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pemain.

Wasit yang dinilai kurang baik pada memimpin pertandingan yakni wasit yang selalu memberi keputusan yang kontraversial dan kadangkala tidak masuk ahkal yang membuat penonton dan pemain kurang merasa puas terhadap keputusannya. Wasit tidak bisa berdalil dengan sejumlah kekurangan karena akan selalu berlindung pada kekurangan tersebut. Wasit itu harus percaya diri bahwa dia bisa untuk memimpin pertandingan yang sebaik – baiknya . Namun jika tidak baik tidak menutup kemungkinan akan mendapat kritikan dari penonton sedangkan dari club yang timnya dirugikan mereka akan melayangkan surat keberatan kepada penanggung jawab pelaksana liga atas kepemimpinan wasit yang mereka menilai kurang baik ketika timnya bertanding .

Oleh karena itu otorinitas wasit, harus jeli menunjuk wasit yang akan memimpin pertandingan , dimana yang bersangkutan harus memiliki sumber daya masusia yang baik dalam memimpin suatu pertandingan. Karena keputusan yang baik dapat memicu pemain untuk semangat bertanding tapi jika keputusan wasit yang salah dapat mematahkan semangat pemain yang lagi bertanding .

Oleh karena itu untuk bisa mewujudkan suatu kompotisi liga sepak bola yang baik harus berawal dari hal – hal yang baik dimana , tidak ada rekayasa yang diduga mengatur tim ini dan itu yang akan menang atau drohu. Sportivitas jangan dinodai dengan keputusan yang kontraversial tapi kita perlu jaga dengan keputusan yang baik dan benar . wasit juga harus menyadari bahwa stiap keputusan yang baik dan benar akan dilihat oleh ribuhan penononton

Ditulis Oleh: Frans Kato

Editor : FS Dg Ngalle

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.