Kualisi LSM Lakukan Investigasi Terkait CSR 1 Miliar Jatuh Ke 10 Kelompok Tani

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Beberapa Pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berserta Jurnalis di Kabupaten Gayo Lues dalam waktu dekat ini akan melakukan investasi ke 10 kelompok tani yang menerima bantuan bibit jahe dari program CSR dari Bank Aceh senilai Rp 1 milyar dengan jumlah perkelompok tani nya mendapatkan bantuan senilai Rp 100 juta, Rabu (28/07/2021).

Para pengait LSM tersebut yang ikut serta dalam investigasi ke lapangan meliputi lembaga FMPK, LP-KPK, Ormas LAKI dan LSM ACW. Dalam langkah melakukan investigasi ke lapangan untuk melakukan cross check terhadap anggota kelompok tani yang mendapatkan bantuan tersebut.

Koordinator Forum Masyarakat Pembela Kebenaran (FMPK), Syaparudin Telvi pada Selasa (27/7/2021) mengatakan, kita bersama empat kualisi LSM dan ormas akan turun melakukan cross check atas program bantuan bibit jahe ke 10 anggota penerima bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Aceh sebesar Rp 1 milyar kepada 10 kelompok tani di Kabupaten Gayo Lues pada awal tahun 2021 lalu.

Saparudin menambahkan, tim yang kita kirim ke lapangan mengecek sejauh mana sudah proses penanaman jahe tersebut sudah berjalan dan langsung akan kita tinjau ke lahan anggota kelompok tani yang mendapatkan bantuan tersebut. Menurut keterangan yang kita dapatkan dari masyarakat, diduga ada pemotongan dana tersebut oleh oknum kepada kelompok tani itu namun hal tersebut akan kita telusuri bersama beberapa rekan LSM dan juga wartawan.

Setelah itu akan kita sampaikan kepada penegak hukum bila ada kita temukan indikasi kecurangan dalam proses bantuan tersebut. Bila itu terjadi sangat disayangkan, karena saat ini kondisi ekonomi masyarakat sangat memprihatikan akibat dampak dari wabah pandemi Covid-19 daya beli masyarakat turun secara drastis.

“Mungkin dugaan indikasi kecurangan oleh oknum telah mulai dilidik pihak penegak hukum, namun kita dari kalangan LSM dan Pers siap membantu untuk mengumpulkan data yang akurat dari lapangan,” pungkasnya. (Jd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.