Koordinasi Lintas Sektor Dalam Pelaksanaan Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Covid-19 di Tingkat Kabupaten Tahun 2021

Blangkejeren, Beritaterbit.com – Untuk meningkatkan pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues adakan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Pelaksanaan Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Covid-19 di Tingkat Kabupaten Tahun 2021, kegiatan berlangsung di Gedung Balai Musara Blangkejeren, Kamis (23/9/2021).

Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru mengatakan, sudah hampir dua tahun kita terkurung dalam situasi keprihatinan akibat Pandemi Covid-19, dampak kesehatan, dampak sosial dan dampak ekonomi telah bersama-sama kita hadapi, bahkan belum bisa berlalu kalau Pandemi ini belum berakhir. Banyak saudara-saudara kita yang harus meninggalkan dunia yang fana ini menghadap Illahi akibat serangan Covid-19. Tentu, keprihatinan ini akan semakin meningkat apabila kita hanya duduk berpangku tangan, tanpa bisa melakukan upaya apapun, ungkapnya.

Kerjasama yang sinergis lintas sektor dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Gayo Lues menjadi harapan yang harus dilestarikan dalam mempercepat pencegahan, penanganan serta pengendalian penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Gayo Lues dan umumnya di negeri yang kita cintai ini.

Saat ini grafik terkonfirmasi kasus Covid-19 di Kabupaten Gayo Lues sedikit menurun jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, tapi seperti pengalaman yang lalu, jangan sampai kita terlena dan mengendorkan pertahanan, karena Covid-19 ini sangat sulit untuk di tebak (Unpredictable), varian-varian baru akibat mutasi Virus Corona terus bermunculan, sampai saat ini WHO telah mencatat ada 9 (sembilan) Varian Covid-19 yang ada dan sedang menyebar di seluruh dunia. Untuk itu Bupati Gayo Lues mengingatkan kepada kita semua agar tetap waspada, taatilah Protokol Kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari, jangan sampai kelalaian kita membahayakan diri kita sendiri dan orang-orang yang kita sayangi, tegasnya.

Bupati Gayo Lues menyambut baik atas terselenggaranya acara koordinasi lintas sektor ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, semoga dapat merumuskan dan menentukan langkah-langkah strategis dalam pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyakit covid-19 di Tingkat Kabupaten Gayo Lues, sehingga nantinya bisa kembali menikmati kehidupan yang normal.

Lebih lanjut ia menekankan agar secara bersama-sama untuk dapat mencurahkan ide dan pikiran sesuai dengan ilmu dan pengalaman yang kita miliki, Ia berharap agar aksi dan tindakan kita kedepan benar-benar konsisten dan terukur, sehingga masyarakatpun semakin yakin bahwa semua yang dilakukan untuk kepentingan bersama, untuk keselamatan kita semua, mayarakat dan Pemerintah tentunya.

Disamping itu, Ketua Panitia Kegiatan Riadussalihin yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan mengatakan bencana pandemi penyakit Covid-19 ini merupakan tantangan nyata bagi kita semua, tidak sedikit sudah masyarakat kita yang terkonfirmasi Covid-19 di kabupaten gayo Lues ini, berbagai upaya telah kita laksanakan sebelumnya hingga saat ini kita masih berjuang dalam menekan angka positif.

Ia juga melaporkan dalam bahwa sejak 2020 hingga 22 September 2021 tercatat 671 orang terkonfirmasi positif covid-19, sembuh 585 orang, yang masih dalam perawatan atau isolasi mandir sebanyak 40 orang. tercatat juga untuk kasus meninggal di Kabupaten gayo Lues sebanyak 46 orang.

Dari data yang telah dilaporkan di atas, tergambar bahwa saat ini kita tidak boleh lengah dalam penanganan serta penanggulangan penyakit Covid-19, pertemuan ini diharapkan dapat menjadi wadah kita dalam berdiskusi, terkait semua permasalahan penanganan Covid-19 saat ini. Karena benteng pertahanan terhadap serangan pandemi ini bukan hanya satgas, tenaga Kesehatan atau TNI dan Polri, namun semua lini dan lapisan masyarakat harus Bersatu padu dalam mencegah serta menanggulangi penyakit Covid-19 ini.

Dalam kesempatan ini kami laporkan juga terkait pelaksanaan vaksinasi, khususnya di Kabupaten Gayo Lues saat ini tercatat per-22 September 2021. (PROKOPIM SETDAKAB)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.