Kirab Budaya Dalam Rangka Bersih Dusun Tawangrejo Bertema Memayu Hayuning Bawono

Nganjuk, beritaterbit.com – Hampir di semua Desa yang berada di Kabupaten Nganjuk mengadakan acara bersih Desa, di bulan Muharram yang biasa disebut juga dengan bulan suro. Seperti halnya di Desa Kepel tepatnya di Dusun Tawangrejo, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk yang mengadakan acara bersih Desa yang cukup menarik, Selasa (16/08/2022).

Kirab Tumpeng adalah tradisi di Dusun Tawangrejo dalam bulan suro. Masyarakat setempat membuat tumpeng Raksasa (besar) yang berisi dari hasil bumi. Kemudian tumpeng tersebut diarak masyarakat menuju keliling Dusun Tawang Rejo yang ada di Desa Kepel dengan diiringi berbagai kesenian dan iringan pertunjukan dari berbagai perguruan yang ada Di Dusun tawangrejo serta berbagai dandanan seperti masa lampau juga keliatan guyub rukun yang di tunjukan semua perangkat Desanya yang ikut semua dalam kegiatan ini.

Acara ini di hadiri oleh camat Ngetos Widi Cahyono S. STP, M. Si. Sekcam Handy serta dari pihak babinsa dan babinkantibmas juga nampak Hadir ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru tjahyono juga Bagus Jati Kusumo Direktur Media SRTV yang juga pengusaha muda yang nantinya bakal Caleg Dapil 5.

Kirab Tumpeng ini dimulai dari Rumah Kasun(kepala Dusun) tawang Rejo mengelilingi jalan yang ada di Dusun Tawangrejo Sesampainya di perempatan pasar Desa Tumpeng Raksasa yang terbuat dari berbagai hasil bumi itu di rebut ramai-ramai ribuan warga yang melihat dan juga mengadakan tradisi slamatan serta pembacaan Doa di lokasi yang di percaya adalah dulunya nenek moyang mereka awal berada (babat alas).

Reporter : Gendro

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.