Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto Buka Konferwil II AMSI Jateng

Keterangan foto: Pembukaan Konferwil AMSI ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto. (Dok. foto: Humas Prov.Jateng).

SEMARANG, Beritaterbit.com – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah II Jawa Tengah menggelar Konferensi Wilayah, Senin (30/11/2020).

Konferensi AMSI wilayah II Jawa Tengah (Jateng) diikuti oleh 22 media siber yang ada di Jawa Tengah di gelar di Hotel Pesona Semarang, dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto.

Tampak hadir Ketua Dewan Penasehat AMSI Sapto Anggoro yang juga CEO Tirto.id dan Ketua AMSI Jawa Timur Arif Rahman serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian Bambang Pramusinto.

Dalam sambutannya, Suwarmin selaku Ketua AMSI Jateng mengatakan bahwa anggota AMSI merupakan pers yang sudah berbadan hukum dan terverifikasi atau sedang dalam proses verifikasi Dewan Pers.

“Masyarakat itu butuh media yang bertanggung jawab. AMSI mempunyai tanggung jawab menyajikan informasi yang bertanggung jawab di ruang publik. Ini momentum yang baik bagi anggota AMSI untuk berlari kencang, menjadi pers yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Suwarmin.

Sapto menyatakan AMSI sudah berada di 22 wilayah di Indonesia. Salah satu program yang dilakukan AMSI yakni cek fakta. “Di AMSI yang kita bicarakan yakni critical thinking. Bukan sekadar kebaikan tapi juga kebenaran itulah yang kita lakukan di Cek Fakta untuk menangkal hoaks dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Hasil riset terbaru tahun 2020, penetrasi pengguna internet Indonesia 73,7% atau sama dengan 196,7 juta dengan pertumbuhan pengguna 8,9% atau 25 juta dibanding tahun lalu. “Penetrasi pengguna banyak dikuasai bukan hanya dari wilayah perkotaan. Ini menjadi suatu tantangan. Siapapun yang terpilih bisa menjadi kemajuan bagi anggota AMSI di daerah,” lanjut Sapto.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dalam sambutan daringnya berharap informasi yang disajikan anggota AMSI semoga bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Konferwil AMSI yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto.

Bambang mengatakan, informasi secara masif dengan mudah masuk ke dunia media sosial, informasi hoaks dengan mudah pula menyebar.

“Sekarang ini dengan jempol saja sebuah informasi yang belum tentu benar bisa begitu cepatnya disebarkan, hanya dengan jempol bisa melanggar hukum, bisa menimbulkan situasi yang tidak kondusif. Nah media siber ini mempunyai peran besar untuk melawan berita-berita bohong. Wartawannya bekerja dengan sesuai kode etik jurnalistik. Saya berharap media siber di Jateng ini ikut berperan aktif dengan tetap menjaga kualitas dan berperan dalam kepentingan nasional,” ujar Bambang. (Purnomo).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.