Ketua Dekopinda Luwu: Mari Bangkitkan Koperasi Di Luwu

Luwu, Sul-Sel/beritaterbit com – Jajaran pengurus dan anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kab. Luwu, Sabtu 14 Januari 2023 menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2023 bertempat di Wisata Kuliner Kamanre Desa Bungaeja Kec. Kamanre.

Selain diikuti oleh pengurus dan anggota Koperasi, perhelatan Rakerda Dekopinda Kab. Luwu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kab. Luwu Rahimullah SE MM dan Anggota DPRD Kab. Luwu Wahyu Napeng SE serta Pendamping Koperasi H. Syafruddin SE. MM.

Ketua Dekopinda, Andi Muhammad Arfan Basmin SH menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakerda tahun ini difokuskan pada upaya peningkatan peran dan fungsi Dekopinda dalam meningkatkan kiprah koperasi dalam membangun ekonomi masyarakat dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) anggota koperasi agar dapat bersaing dengan lembaga ekonomi lainnya.

Dengan mengembangkan sumber daya manusia (SDM), pengurus dan anggota koperasi mampu bersaing dengan berbagai jenis lembaga ekonomi lain dan ini sangat penting dilakukan guna mempertahankan eksistensi koperasi sebagai satu-satunya lembaga ekonomi yang berbasis kerakyatan.

Sementara Kadis KUP Rahimullah, SE.MM menegaskan, bahwa mengapresiasi pelaksanaan Rakerda yang dihelat oleh jajaran Pimpinan Dekopinda Kab. Luwu dalam upaya mengembangkan dan membesarkan lembaga koperasi sebagai satu-satunya wadah ekonomi berbasis kerakyatan yang masih bertahan ditengah menjamurnya berbagai jenis usaha ritel modern.

“Untuk bersaing dengan para pelaku usaha ritel modern tentu dibutuhkan kualitas SDM yang mumpuni dari pengurus dan anggota koperasi, untuk itu kami sangat mengapresiasi upaya Dekopinda Kab. Luwu dalam meningkatkan kualitas koperasi dan SDM para pengurus dan anggota koperasi,” paparnya.

“Gotong royong itu budaya bangsa Indonesia. Diharapkan keberadaan koperasi di Kab. Luwu mampu mendongkrak perekonomian dan meningkatkan daya beli masyarakat serta kami siap memfasilitasi koperasi tahun ini untuk mendapatkan pendampingan koperasi ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara Ketua Dekopinda Kab. Luwu mengatakan, saat ini Dekopinda telah memasuki fase aktualisasi dan pengembangan dimana aktivitas atau kegiatannya diarahkan guna memberikan kemanfaatan yang banyak kepada organisasi koperasi, pemerintah daerah, UMKM dan juga stakeholder lainnya.

Keberadaannya memiliki kedekatan kepada anggota, masyarakatnya dan lebih jauh lagi dapat menyebarkan kemanfaatan yang seluas-luasnya. Menurutnya, Dekopinda harus mampu mewujudkan idealismenya sebagai organisasi yang ada, dekat dan bermanfaat.

“Kami sadar bahwa program yang telah kami kerjakan belum mampu memuaskan. Namun demikian, kami tetap bersyukur tim yang ada baik dari jajaran pimpinan dan kepengurusan juga para anggota mampu secara partisipatif mewujudkannya dengan resource yang ada,” tuturnya.

Tantangan saat ini tidak sedikit, sebab koperasi banyak yang mati. Momentum ini hendaknya dimanfaatkan oleh para pengurus Dekopinda untuk memajukan perkoperasian di Kab. Luwu, termasuk melakukan evaluasi-evaluasi program untuk dijadikan pelajaran pelaksanaan program yang akan datang serta membangkitkan potensi IKM Barambing yang merupakan salah satu pusat perekonomian yang perlu dikelola oleh koperasi sebagai role model bisnis ritel modern. Sehingga perkoperasian semakin maju dan berkembang.

“Melalui tema Rakerda Menuju Koperasi Tangguh, Mandiri, dan Berbasis Daya Saing Dalam Bingkai Koperasi Modern, diharapkan mampu menyusun rencana kerja yang terarah dan terencana. Tepat waktu, tepat saran, dan tepat manfaat,” kuncinya.(*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.