Kepsek: Keamanan dan Kenyamanan Siswa Soal Utama

Kotamobagu, Beritaterbit.com -Dalam pembinaan disiplin peserta didik, dikenal dengan beberapa teknik yang digunakan yaitu teknik pengendalian dari luar dan teknik pengendalian dari dalam.

Teknik pengendalian dari luar yaitu berupa bimbingan dan penyuluhan, teknik ini juga sering diartikan sebagai pengawasan yang dilakukan secara ketat biasanya disertai dengan sanksi bagi peserta didik yang melanggar tata tertib.

Sedangkan teknik pengendalian dari dalam yaitu teknik yang berkaitan dengan pendekatan positif terhadap disiplin, yaitu peserta didik menunjukan perilaku yang tertib dan disiplin, patuh pada peraturan dan tata tertib yang ditetapkan di sekolah atas kesadaran sendiri.

Kepala Sekolah SD N 1 Kotamobagu Sudarwati saat ditemui Kamis (26/01/2023) mengungkapkan, bahwa dirinya belum lama ditugaskan di SDN 1 Kotamobagu.

“Saya baru beberapa hari di sekolah ini sehingga masih dalam pembenahan. Intinya untuk pembinaan terhadap siswa itu penting dan harus saya lakukan demi kemajuan sekolah ini,” tuturnya.

Sudarwati juga mengatakan keamanan dan kenyamanan siswa itu adalah soal utama.

Dalam kesempatan itu juga, Sudarwati melalui seorang guru yang juga belum lama bertugas di SDN 1 Kotamobagu menjelaskan, di setiap sekolah bullying itu pasti ada. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, guru harus cepat-cepat turun tangan dan menyelesaikan masalah tersebut karena apabila dibiarkan masalahnya akan menjadi lebih rumit.

“Jika terjadi seperti itu korban bullying dan yang membullying harus dipanggil dan diberikan arahan dan bisa saja dilibatkan orang tua,” tutur Greis Siwi yang juga adalah mantan Kepsek SDN 3 Gogagoman.

Penulis: David Olad

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.