Kepala Desa Riwang, Kabupaten Luwu, Karsing, S.Ap Bakal Terapkan GERMAS

Luwu, Sul-Sel/beritaterbit.com – Ditemui di kantornya, Kepala Desa Riwang, Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu, Karsing, S.Ap usai dilantik oleh Bupati Luwu, H.Basmin Mattayang, M.Pd pertengahan Maret 2022 lalu, berjanji akan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Seperti data yang diterima media ini Senin (16/5/2022) diketahui germas  merupakan progam Pemerintah untuk mengajak masyarakat hidup sehat dengan fokus pada 3 kegiatan utama yaitu melakukan aktifitas fisik, makan buah sayur dan cek kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali.

“Skala prioritas yang akan kami kerjakan setelah dilantik adalah menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Hal ini penting karena banyaknya penyakit yang melanda daerah kita,” kata Karsing, S.Ap.

Dalam program Germas ini, sambung kepala desa Karsing, pemerintah desa akan mengajak masyarakat untuk berupaya meningkatkan gaya hidup sehat yakni meningkatnya aktifitas fisik yang dilakukan dengan melaksanakan kegiatan rutin misalnya senam bersama.

“Olahraga dan meningkatkan konsumsi buah dan sayur dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah warga untuk ditanami buah dan sayur,” jelasnya.

“Dalam program kerja 100 hari, saya akan berupaya melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas. Artinya, dalam aktifitas apapun maka hal yang paling utama adalah menerapkan Pola Hidup Sehat. Nah bagaimana mau membangun jika warganya sakit,” jelasnya.

Selain itu, Kades Karsing berjanji akan terus berupaya mengembalikan kepercayaan masyarkat dan mengajak masyarakat dalam kegiatan apapun. Tujuannya adalah satu, yakni membangun desa demi kesejahteraan bersama.

“Dalam program membangun desa ini, kita harus mengajak semua elemen masyarakat desa tanpa terkecuali. Semuanya demi kemajuan desa kita. Jangan ada lagi sekat-sekat antara kelompok calon kades, Pilkades sudah selesai saatnya membangun desa,” tegas Karsing.

Dia juga berjanji akan membantu ekonomi warganya. “Insya Allah kedepan sesuai rencana kami, saya ingin membuat banyak lods (bilik-red) di pasar-pasar agar masyarakat bisa berdagang dan hal ini tentu saja akan berimbas dengan peningkatan ekonominya,” kunci Karsing,

Pewarta : Yana
Editor : Farid S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.