Kenali Apa Saja Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Disini!

Anda pasti pernah mendengar bukan mengenai sumber daya alam yang dapat diperbaharui? Singkatnya sumber daya alam merupakan semua hal yang tersedia di alam ini baik yang ada di bumi, tanah, dan udara.

Sumber daya alam ini biasanya digunakan untuk membantu keberlangsungan hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Nah untuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diolah dan digunakan kembali untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Pengolahan ini biasanya dilakukan dengan pengolahan kembali menggunakan campur tangan manusia ataupun diperbarui secara alami dan tanpa adanya camur tangan manusia. Jenis sumber daya alam yang tidak dapat dieprbaharui ini mempunyai jumlah yang melimpah dan tidak terbatas. Berikut beberapa pembagiannya!

Jenis-jenis Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

  1. Air

Salah satu sumber daya alam yang satu ini tampaknya sudah tidak asing lagi dengan kebutuhan manusia. Air merupakan salah satu sumber kehidupan untuk semua makhluk hidup yang ada di dunia ini mulai dari tumbuhan,hewan, dan manusia.

Jumlah air yang ada di bumi ini memiliki jumlah yang sangat berlimpah dan tidak pernah kurang sekalipun. Apalagi jumlah air yang ada di bumi ini tersedia sebanyak 70% yang mengelilingi bumi di mana sisanya adalah bagian daratan.

Semua air yang terdapat di muka bumi ini terbagi lagi kedalam jenisnya yang terdiri dari air laut (2/3)  dan sisanya terdiri dari air tawar yang tersedia dalam bentuk beku ataupun gletser (membeku).

Nah untuk cara memperbarui air yang ada di muka bumi ini adalah dengan cara penjernihan. Namun perlu diperhatikan jika terdapat salah satu air yang tidak bisa diperbaharui yaitu air akuifer.

  1. Udara

Udara juga merupakan salah satu unsur yang tersedia di muka bumi ini yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan manusia di bumi ini. Udara merupakan campuran gas yang tersedia pada permjukaan bumi dan mengelilingi bumi ini.

Tahukah kamu jika udara yang ada di dunia ini terdiri dari nitrogen 78%, oksigen 20%, argon 0,93%, dan karbin dioksida 0,30% dimana sisanya terdiri dari gas-gas lain. Uap air yang terdapat dalam kandungan udara berasal dari penguapan air laut, sungai, dan lain-lain.

Walaupun udara ini merupakan salah satu unsur yang penting dan sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk di bumi ini, namun ternyata ada spesies hewan yang tidak membutuhkan oksigen yaitu bakteri anaerob.

Dalam upaya pembaruan sumber daya ini dilakukan dengan membutuhkan bantuan tumbuhan yang bernapas dengan gas karbon dioksida. Lalu gas karbon dioksida ini akan disaring dan dikeluarkan dalam bentuk oksigen nantinya yang akan bermanfaat untuk seluruh makhluk hidup.

  1. Sinar Matahari

Sumber daya alam lainnya yang dapat diperbaharui adalah sinar matahari atau radiasi matahari yang berasal dari matahari. Sinar matahari juga merupakan salah satu unsur alami yang tersedia di muka bumi ini yang manfaatnya sangat besar untuk perkembangan makhluk hidup yang ada di bumi ini.

Biasanya tanaman akan menggunakan cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis dan membuat makanan. Tanpa adanya cahaya matahari, maka tidak akan ada kehidupan di bumi ini.

Namun selain memberikan banyak manfaat, sinar matahari juga mampu menimbulkan reaksi yang baik ataupun buruk kepada kesehatan tubuh seseorang. Selaiin itu, sinar matahari pagi juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh terutama tulang tubuh manusia jika dimanfaatkan dengan benar.

  1. Tanah

Sumber daya alam yang daat diperbaharui selanjutnya adalah tanah yang merupakan salah satu bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah ini merupakan salah satu bagian dalam bumi yang berperan penting dalam mendukung kehidupan manusia.

Tanah mampu mendukung kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernapas dan tumbuh.

Tanah ini memegang peranan yang sangat penting untuk menyimpan air dan menekan erosi meskipun seperti yang kita ketahui bahwa tanah ini sendiri juga mampu tererosi. Yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa tanah ini memiliki komposisi yang berbeda-beda tergantung dengan lokasi dari tanah tersebut.

Tanah ini dapat diolah dan dibuat. Setiap pohon, bangkai, dan bahan-bahan lainnya yang telah jatuh didalam tanah tersebut akan menyatu dengan tanah. Hingga akhirnya hal tersebut akan berubah menjadi tanah dalam jumlah yang tidak terbatas.

  1. Tumbuhan

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui selanjutnya adalah jenis-jenis tumbuhan yang merupakan oraganisme multiseluler yang tergolong kedalam kerajaan plantae. Didalamnya terdiri dari beberapa klan seperti tanaman berbunga, tumbuhan berbiji terbuka, dan berbagai jenis tumbuhan lainnya.

Tumbuhan juga memberikan manfaat yang sangat besar untuk kehidupan manusia dan hewan yang ada di bumi ini. Manusia juga dituntut untuk menanam berbagai macam tumbuhan dan jangan pernah berhenti untuk menjaga kelestarian tumbuhan yang ada di muka bumi ini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.