Kemensos Resmi Hapus BPNT Diganti BSS

Seluma, Beritaterbit.com – Kementerian Sosial (Kemensos) resmi menghapus program bantuan pangan non tunai (BPNT) terhitung awal tahun 2022. Program ini berganti nama menjadi bantuan sosial sembako (BSS).

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Seluma, Elian Suandi mengatakan, berbeda dengan BPNT BSS keluarga penerima manfaat (KPM) menerima uang tunai yang besarannya sama dengan BPNT yakni Rp 200 ribu setiap bulannya.

“Ini terhitung sejak awal tahun 2022, program BPNT dihapus diganti dengan BSS,” ujar Elian.

Dijelaskannya diprogram BSS masyarakat menerima uang tunai, yang penyalurannya melalui kantor pos. Tidak lagi melibatkan Bank Himbara atau E-Warong.

“Saat ini pencairan sesi 1 periode Januari-Maret telah selesai dilakukan. KPM menerima langsung uang tunai sebesar Rp 600 ribu,” terang Kadinsos.

Dengan diberlakukannya BSS ucap Elian, KPM tidak ada lagi berhubungan dengan E-Warong. KPM bebas membelanjakan uang yang diterima di warung mana saja. Namun barang yang dibeli tetap sama dengan program BPNT yakni Sembilan bahan pokok (Sembako).

“Ambil uangnya, silahkan belanjakan dimana saja. Bebas, namun ingat barang yang dibeli sembako,” kata Elian.

Sesuai data yang disampaikan Kemensos lanjutnya ada 14 ribu KPM yang menerima penerima program BSS ini.

Dalam penyaluran bantuan ini, pihaknya tukas Elian hanya bertugas mendampingi dan melakukan pengawasan. Terkait data dan tekhnis pencairan semua diatur oleh Kemensos.

“Jadi jangan salah, kami Dinsos ini cuma menerima laporan. Kami diminta melakukan pendampingan dan pengawasan. Soal data dan lainnya itu semua wewenang Kemensos,” sampainya.

Di Kabupaten Seluma tambahnya ada 4 titik tempat penyaluran BSS ini. Yakni Kantor Pos Cahaya Negeri, Kantor Pos Tais, Kantor Pos Kalo dan Kantor Pos Semidang Alas.

“Jadi silahkan ambil uangnya di empat kantor pos ini kalau uangnya cair sesuai wilayah tempat tinggal. Nanti ada pemberitahuan yang disampaikan pihak pos ke desa, jika BSS ini cair,” demikian Elian. (Yyn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.