Kekurang Air Persawahan Desa Bukit Terancam Dialih Fungsikan

Gayo lues, beritaterbit.com – Sejumlah titik areal persawahan yang yang berada di Desa Bukit, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues lambat laun terancam dialih fungsikan, dari lahan persawahan menjadi lahan perkebunan. Pasalnya, kesulitan suplai air ditenggarai akan menjadi alasan alih fungsi lahan tersebut.

Jika suplai air selalu menjadi permasalahan, tidak tertutup kemungkinan, areal persawahan akan dialih fungsikan,” kata, Bahri, petani di Desa Bukit, pada media online ini, Rabu (23/12/2020).

Di Desa Bukit sendiri, terdapat puluhan hektar lahan persawahan petani, bahkan areal persawahan tersebut dapat dikatakan cukup luas di kecamatan itu. Alih fungsi lahan di daerah tersebut, dari tahun ke tahun mulai nampak, dengan pergantian tanaman padi, menjadi lahan cabai, bawang dan lainnya.

Jika ini terus terjadi, kita mengkhawatirkan akan berdampak pada hasil pertanian padi di daerah ini. ucapnya.

Permasalahan suplai air tentunya bersumber dari saluran irigasi. Irigasi yang selama ini digunakan oleh petani tersebut, merupakan irigasi yang bersumber dari daerah sungai Desa Penampaan. Saluran itu juga melintasi daerah perkampungan padat penduduk, sehingga menyulitkan bagi petani untuk memperbaiki saluran tersebut. Apalagi, rentan tertimbun pasir hingga memicu air meluap kepemukiman warga.(JD)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.