Keberhasilan Germas adalah Tanggung Jawab Seluruh Komponen Masyarakat

Tanah Datar (SUMBAR),beritaterbit.com- Germas adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Germas tidak semata-mata adalah tanggung jawab Pemerintah, tetapi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat. Untuk mewujudkan keberhasilan Germas diperlukan kerjasama, sinergi dan kolaborasi seluruh komponen baik Pemerintah, Masyarakat, maupun Swawta.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar dr. Hj. Yesrita Zendrianis, M.Kes yang mewakili Bupati Tanah Datar pada saat membuka secara resmi acara Sosialisasi Germas Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Batusangkar, Sabtu (23/10).

‘’Kalau kita berbicara mengenai Germas, ini tidak bisa hanya selesai oleh Pemerintah saja, harus ada campur tangan dari masyarakat, campur tangan dari pemerintah dan campur tangan dari pihak swasta’’ ujar Yesrita.

Yesrita juga sampaikan bahwa Germas sangat penting bagi masyarakat yang bertujuan untuk menyehatkan masyarakat, menurunkan pola penyakit dan mengurangi biaya pengobatan.Adapun hal-hal yang harus dilakukan masyarakat terkait dengan Germas yaitu : Harus melaksanakan aktivitas fisik setiap hari, mengkonsumsi sayur dan buah, melakukan pemeriksaan/chek kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban yang sehat.

Terkait kegiatan Germas, Yesrita mengajak masyarakat Kabupaten Tanah Datar untuk menerapkan Germas dalam kehidupan sehari-hari.

‘’Karena dari Kabupaten Tanah Datar kalau kita lihat untuk menggunakan jamban yang sehat belum seluruhnya menggunakan jamban yang sehat, kita belum kabupaten yang ODR. Artinya masih ada masyarakat Tanah Datar yang buang air besar sembarangan’’ ungkapnya.

Sementara terkait Vaksinasi Covid-19, Yesrita menyampaikan Kabupaten Tanah Datar telah melakukan Vaksinasi sejak Februar 2021, tetapi hingga saat ini masih ada masyarakat Tanah Datar yang belum melakukan Vaksinasi.

‘’Tujuan Vaksinasi ini yang pertama agar tubuh kita mengenali virus yang masuk itu. Kemudian yang kedua untuk Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) dan yang ketiga agar ekonomi bisa bangkit kembali. Untuk itu Bapak/Ibu jangan ragu untuk vaksin, karena vaksin yang digunakan sudah mendapat izin edar dari Balai POM, sertifikat Halal dari MUI. Bapak/Ibu sebagai peserta vaksinasi hari ini, mari sama-sama kita sampaikan kepada masyarakat, keluarga untuk ikut vaksinasi Covid-19’’pungkasnya. (Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.