Kearifan Lokal Jamasan Tombak Kiai Upas Tulungagung Terus Dilestarikan

Tulungagung, beritaterbit.com – Ratusan warga Tulungagung menghadiri jamasan tombak Kiai Upas yang dilaksanakan pada Jumat (12/08/2022) di kantor Arsip Daerah Pemkab Tulungagung.

Jamasan yang rutin digelar setiap tahun ini juga dihadiri oleh Forkopimda Pemkab Tulungagung.
Sama seperti tahun sebelumnya, ritual sakral ini dilakukan dengan tertib dari awal sampai akhir.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo yang ditemui usai mengikuti jamasan mengatakan, jamasan ini dilakukan sebagai salah satu wujud untuk melestarikan budaya leluhur yang sudah dilakukan sejak dahulu secara turun temurun, terutama oleh para pemimpin Kabupaten Tulungagung.

“Ini salah satu wujud melestarikan budaya leluhur kita, tradisi ini dilaksanakan setiap tahun secara rutin,” ujarnya pada Jumat (12/08/2022).

Maryoto mengungkapkan, jamasan sebagai kegiatan rutin ini selalu dikemas menarik dengan harapan bisa menjadi daya tarik wisata lokal ataupun turis dan pelancong dari luar daerah.

Salah satu upayanya adalah dengan menambahkan suatu kegiatan tambahan seperti tari reog, tanpa mengubah maupun mengurangi pakem yang sudah ada.

“Sudah kita upayakan dengan menambahkan unsur hiburan dalam rangkaian acaranya tanpa mengurangi kesakralan dan pakem saat jamasannya,” jelas Bupati.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Bambang Ernawan menjelaskan, penambahan unsur reog dalam rangkaian jamasan ini diharapkan bisa menarik minat wisatawan.

“Upaya itu sudah kita lakukan, jika formulanya dirasa kurang pas akan kita terus sesuaikan,” ucapnya.

Menurutnya, dengan kedatangan wisatawan ke lokasi diharapkan bisa mengangkat nama Tulungagung dan meningkatkan perekonomian masyarakat. (ags)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.