Kasat Intelkam Minta Panitia Penyelenggara Pilkades Bersikap Netral

Bengkulu Selatan, beritaterbit.com – Kapolres Bengkulu Selatan (BS), AKBP Florentus Situngkir, S.I.K yang diwakili Kasat Intelkam, AKP Ahmad Khairuman, S.E., M.Si, minta agar para Panitia Penyelenggara Pilkades Tahun 2023 di Kabupaten BS bersikap netral.

Menurut Ahmad, sikap netralitas Panitia Penyelenggara ini bisa menciptakan suasana Pilkades yang aman dan damai, dengan demikian dapat mencegah konflik saat pelaksanaan Pilkades.

“Potensi kerawanan Pilkades sangat berpengaruh terhadap kestabilan situasi Kamtibmas sehingga dibutuhkan sikap netralitas dari Panitia Penyelenggara dalam pelaksanaan Pilkades,” ujar Ahmad saat menjadi narasumber Sosialisasi Panitia Pilkades Kabupaten BS, Senin (05/06/2023) di Aula Dinas PMD BS.

Sebelumnya, Ahmad menguraikan bahwa Kabupaten BS dalam waktu dekat akan melaksanakan Pilkades terhadap 15 Desa yang tersebar di 8 Kecamatan. Hal itu telah diatur dalam Perbup Nomor 44 Tahun 2018 tentang Pedoman di Wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dijelaskan Ahmad, dirinya mengingatkan kepada setiap Panitia Pilkades dilarang untuk terlibat langsung atau tidak langsung dalam pemenangan masing-masing calon ataupun salah satu calon Kepala Desa. Panitia dilarang melakukan tindakan yang bersifat deskriminatif terhadap calon Kepala Desa.

“Panitia Pilkades tentunya dilarang mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai calon Kepala Desa. Dan juga, Panitia dilarang menerima barang, uang, dan atau sesuatu dalam bentuk apapun dari para calon Kepala Desa,” tegas Ahmad.

“Kami berharap Panitia Penyelenggara mulai tingkat kabupaten hingga desa serta calon Kepala Desa itu sendiri sama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, aman dan damai, sehingga nantinya terpilih pemimpin yang sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya.

Sumber: Rilis Humas Polres BS

Foto: Humas Polres BS

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.