Kadisbintalad Brigjen TNI Edison Gelar Bintal Di Lingkungan AKMIL

Keterangan foto: Kadisbintalad Brigjen TNI Edison. (Dok. foto:Penhumas AKMIL).

MAGELANG, Beritaterbit.com – Kadisbintalad Brigjen TNI Edison, S.E., M.M., memberikan Pembinaan Mental (Bintal) fungsi komando kepada Organik Militer, PNS dan Taruna Tk III Akademi Militer dengan tema “Melalui Bintaladjuang Kita Tingkatkan Keimanan, Ketakwaaan, nasionalisme dan militansi prajurit guna mendukung tugas pokok TNI AD”, Jum’at (23/10/2020).
Bintal adalah wahana untuk memelihara dan meningkatan kualitas mental spiritual, ideologi, dan kejuangan.

Hadir dalam pelaksanaan Bintal tersebut, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI I Gde Agit Thomas dan diikuti oleh para Pejabat Distribusi Akademi Militer dan personel yang hadir para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS organik Akmil berjumlah 250 orang serta 296 Taruna Tingkat III.

Dalam penjelasannya, Brigjen TNI Edison, S.E., M.M mengatakan bahwa pengaruh globalisasi telah menumbuhkan sikap individualis di sebagian besar masyarakat Indonesia, dimana telah menggusur jiwa gotong-royong sebagai ciri khas masyarakat Indonesia

“Sikap individualis telah mengakibatkan para personil lebih memilih dunia maya sebagai tempat untuk bersosialisasi sehingga kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya atau anti sosial”, kata Brigjen Edison.

Brigjen Edison menambahkan bahwasanya melupakan budaya dan tradisi juga telah mengakibatkan mulai lunturnya jati diri bangsa karena pengaruh dari budaya asing.
“Kemajuan teknologi seperti kemudahan dalam berbelanja yang ditawarkan kepada masyarakat telah menumbuhkan sifat konsumerisme dan hedonisme”, ucap Edison.

Menurut Brigjen TNI Edison, seorang prajurit harus bermental tangguh dan memiliki kondisi jiwa yang kuat, ulet serta pantang menyerah.
Hal tersebut diwujudkan dalam setiap perilaku ataupun perbuatan seorang prajurit di lapangan dalam pengabdiannya kepada NKRI yang didasari dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dan dilaksanakan dengan tulus, sabar dan ikhlas.

Sementara itu, Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han), dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Brigjen TNI I Gde Agit Thomas mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakannya Bintal Fungsi Komando ini adalah untuk mengimplementasikan perintah pimpinan Angkatan Darat, dalam memelihara dan meningkatkan kualitas mental spiritual, ideologi dan kejuangan Prajurit maupun PNS TNI AD, khususnya di Akademi Militer.

‘Kegiatan Bintal Fungsi Komando juga akan meningkatkan rasa kecintaan terhadap kesatuan dan semakin meningkatkan semangat pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan dalam tugas, serta dapat memberikan nilai manfaat bagi organik dan Taruna/Taruni Akademi Militer”, katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapenhumas Akmil Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, S.I.P. yang mengatakan bahwasanya penyelenggaraan Bintal Fungsi Komando adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan dalam menangkal radikalisme guna mewujudkan prajurit yang bermental tangguh.(*).
Laporan: Marno/Penhumas AKMIL.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.